Rabu 28 September 2016, 19:20 WIB

Per 1 Oktober 2016, Premium Turun Rp300 Per Liter

Tesa Oktiana Surbakti | Ekonomi
Per 1 Oktober 2016, Premium Turun Rp300 Per Liter

ANTARA FOTO/Reno Esnir

 

PEMERINTAH akan menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar per 1 Oktober 2016. Perkiraannya, premium turun Rp300 per liter sedangkan solar naik Rp500-600 per liter.

"Iya benar begitu (besaran penyesuaiannya)," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Teguh Pamudji saat dikonfirmasi Media Indonesia, Rabu (29/8).

Teguh mengatakan, hasil kajian Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM telah diserahkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dengan begitu, tarif BBM subsidi teranyar akan diumumkan Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

"Nanti diumumkan Menko Perekonomian. Kapan diumumkan ya biarkan mereka yang tentukan. Yang jelas masyarakat sudah mengetahui harga baru sebelum pukul 24.00 WIB pada 30 September," imbuhnya.

Teguh berpendapat pengumuman tarif BBM yang rutin dievaluasi per tiga bulan sekali tidak perlu diumumkan oleh Presiden. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat menganggap penyesuaian harga BBM merupakan suatu rutinitas yang fluktuasinya mengikuti mekanisme pasar.

Evaluasi harga BBM, kata dia, mengacu pada tiga komponen utama, yakni pergerakan harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, dan inflasi. (OL-2)

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat

Dibuka Besok, IHSG Diprediksi Melemah

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 25 Mei 2020, 18:08 WIB
Analis menilai pergerakan IHSG berpotensi rebound pada akhir pekan. Namun, sentimen dari pasar keuangan global patut...
MI/Vicky Gustiawan

Produksi Pertanian dan Sayuran Meningkat, Ekspor Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 17:28 WIB
Pihaknya, berharap momen pandemi ini menjadi momentum untuk makin cinta produk petani...
DOK KEMENTAN

Yuk, Coba Pangan Lokal Hasil Pekarangan untuk Lebaran

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 17:12 WIB
Sebab melalui cara pangan dari pekarangan, kebutuhan pangan keluarga secara swadaya bisa dipenuhi dan mendukung gerakan yang lebih besar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya