Rabu 28 September 2016, 16:44 WIB

Pertamina Perkuat Kerja Sama dengan Perusahaan Aljazair

Tesa Oktiana | Ekonomi
Pertamina Perkuat Kerja Sama dengan Perusahaan Aljazair

Ist

 

PT Pertamina (Persero) dan perusahaan migas Aljazair, Sonatrach, meningkatkan level kerja sama yang sudah mereka jalin sejak 2012. Peningkatan kerja sama itu sejalan dengan langkah Pertamina yang saat ini tengah gencar menggarap sumber potensial migas di berbagai negara.

"Pertamina memiliki aspirasi penting untuk meningkatkan eksistensinya di luar negeri, termasuk di Aljazair. Kerja sama ini akan menjadi landasan bersama antara Pertamina dan Sonatrach untuk terus berkembang tidak hanya di Aljazair, tapi juga melihat kesempatan dan peluang kerja sama di belahan dunia lainnya," jelas Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam keterangan resmi, Rabu (28/9).

Seperti diketahui, melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP), Pertamina terus menggenjot peningkatan kontribusi produksi migas dari luar negeri.

Hingga Agustus 2016, produksi PIEP telah mencapai 120.590 boepd atau 15,38% di atas target perusahaan sebesar 104.950 boepd. Kontribusi terbesar produksi dari aset luar negeri Pertamina bersumber dari Irak dengan tingkat produksi net to share 43,7 ribu boepd. Disusul Aljazair sebesar 41,13 ribu boepd dan Malaysia 35,77 ribu boepd.

Pertamina dan Sonatrach akan melakukan analisis dan evaluasi atas peluang ekplorasi produksi baik di Aljazair, Indonesia, dan negara lain. Keduanya juga memiliki peluang untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek hulu, hilir, dan layanan migas di kedua negara.

Beberapa peluang kerjasama lainnya juga dijajaki, seperti pertukaran informasi industri gas alam dan turunannya, termasuk kerja sama di bidang LNG, bisnis minyak mentah, kondensat, petrokimia, LPG, dan optimasi pemasaran migas. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More