Rabu 28 September 2016, 09:31 WIB

Indonesia Berambisi Kuasai Pasar ASEAN

MI | Ekonomi
Indonesia Berambisi Kuasai Pasar ASEAN

MI/Ramdani

 

Di tengah lesunya pasar ekspor global yang memengaruhi neraca dagang Indonesia, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) tetap optimistis Indonesia bisa mencapai pertumbuhan ekspor yang baik di tahun-tahun mendatang.

"Perekonomian ASEAN 40%-nya merupakan perekonomian Indonesia. Luas lahan ASEAN 50% luas negara Indonesia. Dari 600 juta penduduk ASEAN, 250 jutanya orang Indonesia," jelas Ketua Umum Kadin Rosan P Roslani dalam konferensi di Jakarta, kemarin.

Potensi besar itu juga tercium oleh konglomerasi multinasional yang menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar mereka.

"Semestinya Indonesia bukan hanya menjadi pasar, melainkan juga pelaku utama. Untuk itu, pengusaha perlu memiliki dominasi yang kuat di pasar nasional dan regional sebagai penyokong bisnisnya, kemudian merambah pasar global dengan negara tujuan tradisional maupun nontradisional," paparnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat dari total nilai ekspor Indonesia Januari-Agustus 2016, yakni US$91,730 miliar, ekspor ke negara ASEAN mengambil porsi 21,89%. Secara proporsi, ekspor ke ASEAN meningkat dari angka periode yang sama tahun lalu yang hanya 20,4%.(Fat/E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More