Rabu 28 September 2016, 09:22 WIB

Penundaan DAU 169 Daerah Dipersingkat

MI | Ekonomi
Penundaan DAU 169 Daerah Dipersingkat

Antara/Rosa Panggabean

 

DESEMBER esok, pemerintah akan mencairkan kembali dana alokasi umum (DAU) bagi 169 daerah yang mulai bulan ini terkena penundaan. Rencana itu lebih cepat sebulan daripada perkiraaan awal. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam dialog bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan, selama Januari sampai Juli 2016, penerimaan negara masih di bawah rata-rata penerimaan 3 tahun terahir pada periode serupa. "Setelah dikalkulasi, ternyata pendapatan negara Rp218 triliun lebih rendah daripada yang ditargetkan," kata dia.

Demi mencegah defisit tembus 3% dan penambahan utang secara masif, penghematan belanja, baik di pusat maupun daerah, tidak terhindarkan. Pemerintah pun menahan pencairan DAU Rp19,4 triliun dan dana bagi hasil Rp16,7 triliun untuk 169 daerah, yang diistilahkan Menkeu sebagai 'meminjam'.

"Kalau keuangan negara memungkinan, kami akan bayar sebagian pada Desember tahun ini dan seluruhnya dilunasi pada Januari 2017. Artinya. pada Januari saya harus memprioritaskan tiap rupiah yang masuk untuk ke daerah terlebih dahulu. Saya tahu bupati harus susun APBD.

"Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo mengamini, pada Desember, bupati akan menerima penyaluran DAU penuh. Adapun DAU periode September sampai November akan dibayarkan pada Januari atau paling lambat sebelum pilkada.

Di tempat sama, Bupati Ngawi Budi Sulistiyono mempertanyakan dana transfer ke daerah kerap tidak sinkron dengan kebutuhan sehingga ada gelembung anggaran yang tidak terserap. (Try/E-2)

Baca Juga

DOK PGN

Gagas Bagikan Sembako untuk Pelanggan Gasku Terdampak Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Juli 2020, 16:36 WIB
Sejauh ini, PGN melalui PT Gagas telah menyalurkan gas bumi untuk untuk sektor transportasi sebesar 1,3...
MI/Andri Widiyanto

Wapres: Perkuat Ekonomi Umat, Tingkatkan Fungsi Masjid

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 08 Juli 2020, 16:20 WIB
Menurut Ma'ruf Amin, pemberdayaan ekonomi umat di masjid belum dilakukan secara maksimal. Padahal, masjid merupakan tempat strategis...
Antara/Akbar Nugroho

Wamenkeu: Pemerintah Kerap Hadapi Trade Off Saat Pandemi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 08 Juli 2020, 16:02 WIB
Di tengah krisis, kebijakan yang diambil pemerintah tidak mudah. Banyak tantangan yang dihadapi pemerintah, termasuk aspek keselamatan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya