Rabu 24 Agustus 2016, 10:10 WIB

Satgas Antieksploitasi UKM Dibentuk

MI | Ekonomi
Satgas Antieksploitasi UKM Dibentuk

Antara

 

KEMENTERIAN Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bersama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan membentuk satuan tugas (satgas) nasional untuk mengawasi kegiataan kemitraan UKM dan koperasi dengan pengusaha besar.

Satgas tersebut akan dibentuk sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang pelaksanaan pengawasan kemitraan koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan anggota satgas akan berasal dari kementeriannya, KPPU, serta dinas koperasi dan UKM di 34 provinsi dan seluruh kabupaten/kota. Akan ada sekitar 1.000 anggota satgas yang mengawasi kegiatan kemitraan UKM dan koperasi di seluruh wilayah Indonesia.

Agus menilai persaingan usaha antara pengusaha besar dan UKM dan koperasi binaannya harus diawasi lebih ketat lantaran masih acap terjadi masalah dalam kemitraan. “Contohnya, kemitraan UKM di bidang perkebunan. Kita dengar ada kelompok petani sebagai petani plasma dipermainkan harganya oleh perusahaan besar dengan dimurahkan harganya. Jadi mau tidak mau petani harus jual dengan harga murah,” ucap Agus seusai penandatanganan MoU di kantornya di Jakarta, kemarin.

Pada dasarnya, kata dia, kemitraan kedua pihak jangan sampai saling mematikan usaha demi mendapat keuntungan besar. “Intinya jangan terjadi dumping, apalagi eksploitasi,” tegas Agus.

Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menambahkan pihaknya mulai memetakan permasalahan pada kemitraan pengusaha dan UKM/koperasi. Di Solo, kata dia, persaingan tidak sehat terjadi di industri batik. Di Sumatra dan Kalimantan, kebanyakan terjadi di sektor perkebunan. “Yang besar ini ada yang baik mau bantu yang kecil, tapi ada juga bikin kemitraan hanya untuk memenuhi persyaratan inti plasma. Itu yang mau kita kontrol supaya benar-benar sesuai kaidah.”

Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, Solo akan dijadikan daerah percontohan satgas nasional pengawasan kemitraan UKM dan koperasi yang bakal diresmikan segera. (Jes/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More