Selasa 23 Agustus 2016, 14:03 WIB

Wapres Minta BPKP Rajin Turun ke Lapangan

Administrator | Ekonomi
Wapres Minta BPKP Rajin Turun ke Lapangan

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

 

BADAN Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) diminta rajin turun ke lapangan untuk melihat langsung keadaan proyek pembangunan.

"Anggota BPKP bukan hanya mengerti tentang akuntansi, apa yang terjadi, tapi memeriksa lapangan," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Aparat Pengawasan Intern Pemerintah di Kantor BPKP, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (23/8).

Menurut dia, hal ini terkait pembagian tugas BPKP dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). BPK bekerja mengaudit keuangan setelah proyek selesai sedangkan BPKP fokus pada pengawasan selama proyek berlangsung.

"BPKP jangan cenderung ke keuangannya saja, tapi pembangunannya berjalan tidak," jelas dia.

BPKP, kata JK, harus tak segan untuk menegur bila ada penyimpangan dalam proses pembangunan. "Harus terjun sampai ke bawah melihatnya, tapi dengan baik. Menegurnya dan menyuruh memperbaikinya kalau tidak jalan," jelas dia.

JK pun meminta BPK dan BPKP berkoordinasi agar tugas mereka bisa berjalan dengan baik tanpa saling bertubrukan. Mereka juga perlu membangun dan mengawasi sistem bersama dengan inspektorat jenderal di daerah.

"Jadi memang butuhkan tentu effort, tapi pemeriksaan itu juga agar membudayakan aparat di bawah bekerja dengan baik dan tentunya banyak sistem yang bisa dicapai, efisiensi sistem," jelas dia.(X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More