Selasa 23 Agustus 2016, 13:03 WIB

BEI Simulasikan Dua Gim Investasi

Fetry Wuryasti | Ekonomi
BEI Simulasikan Dua Gim Investasi

Dok. MI

 

BURSA Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan dua aplikasi permainan, Nabung Saham Go dan Stocklab, Sabtu (27/8). Melalui permainan ini BEI berharap akan muncul lebih besar ketertarikan masyarakat untuk saham.

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan sebanyak 30 galeri investasi yang ada di perguruan tinggi diundang agar dapat memahami permainan investasi pasar modal.

"Per 22 Agustus 2016 jumlah investor di pasar modal sebesar 494 ribu investor. Diharapkan sampai akhir tahun bisa mencapai lebih dari 550 ribu bahkan 600 ribu investor," ujarnya dalam Perkenalan dan Penjelasan Permainan Investasi Pasar Modal Nabung Saham Go dan Stocklab, di Jakarta, Selasa (23/8).

Dalam gim ini, pemain bisa belajar bagaimana bekerja untuk mendapatkan pemasukan dan modal, menabung dan menyimpan pendapatan hasil dari bekerja, serta kemudian membelanjakan hasil tabungan dengan bijaksana. Diharapkan pengguna akan belajar bagaimana menginvestasikan modal dana untuk mendapatkan hasil yang dicita-citakan. Penggambaran jumlah aset yang dimiliki gamers pun ditampilkan dengan sederhana, diasosiasikan seperti properti rumah, sofa, dan sebagainya.

Namun, kata dia, memang permainan ini hanya berupa simulasi, tidak terhubung langsung dengan transaksi bursa saham. Dengan demikian anggapan bahwa pasar saham merupakan ranah yang rumit bisa dipatahkan.

"Game ini akan bisa dimainkan semua orang, seperti Pokemon Go. Namun konteksnya investasi, stock lab permainan dikaitkan investasi saham dan reksa dana. Paling tidak dapat menambah antusiasme masyarakat, dan akhirnya mereka tertarik untuk masuk ke pasar modal, sebab investasi itu sebenarnya sederhana. Kami menyasar mahasiswa karena mereka yang paling mudah untuk join namun tidak menutup semua kalangan," tukas Nicky.

Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal OJK Gontor Aziz mengatakan gim daring nabung saham go dan offline stocklab berupa permainan kartu sejalan dengan program BEI untuk menabung saham. Permainan aplikasi sendiri saat ini sedang mewabah di Indonesia.

"Mudah-mudahan menambah minat pemain game untuk mencoba. Sementara stocklab berupa permainan kartu investasi, dimaksudkan agar masyarakan mulai dari remaja mengenal pasar modal melalui media kartu ini, seperi bermain monopoli," tukas Gontor Aziz. (X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More