Selasa 16 Agustus 2016, 12:31 WIB

Diving, Pelari Ini Raih Medali Emas

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Diving, Pelari Ini Raih Medali Emas

AP/David J. Phillip

BERKAT kemenangannya atas Allyson Felix, Shaunae Miller mendapatkan medali emas. Namun, tampaknya dia juga layak mendapatkan jubah Superman.

Miller melakukan diving, gaya Superman untuk mengalahkan lawannya, pelari andalan Amerika Serikat, di final nomor lari 400 meter. Kemenangan Miller itu menggagalkan Felix meraih medali emas kelimanya.

Miller, pelari asal Bahama berusia 22 tahun, unggul di awal laga dan sukses menahan perlawanan Felix di jalur lurus. Berdiri sejajar, dua langkah sebelum garis finis, Miller meloncat dan melakukan diving untuk meraih keunggulan 0,07 detik.

Aksi nekad itu mengantarkan Miller yang harus puas menduduki posisi kedua di belakang Felix di kejuaraan dunia pada tahun lalu meraih medali emas Olimpiade.

Diving yang dilakukan Miller akan dikenang sebagai salah satu gambar paling dramatis Olimpiade 2016.

Miller mengaku dirinya tidak merencanakan aksinya itu. "Saya tidak tahu apa yang terjadi. Pikiran saya tiba-tiba kosong. Yang bisa saya pikirkan adalah medali emas dan hal berikutnya yang saya tahu adalah saya sudah ada di lantai."

Saat Miller berbaring, terengah-engah, dan mungkin terkejut dengan aksinya sendiri, Felix duduk di lantai dengan muka tegang.

Pertanda Miller menang datang dari bangku penonton bukan papan skor yang menunjukkan bahwa Miller mencatatkan waktu 49,44 detik, mengungguli Felix dan pelari Jamaika Shericka Jackson yang meraih medali perunggu.

"Saya mendengar ibu saya berteriak. Jika dia berteriak, itu berarti saya menjadi juara," kata Miller. (AP/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More