Jumat 05 Agustus 2016, 15:12 WIB

Iran Hukum Gantung 20 Penganut Sunni

Intan Fauzi | Internasional
Iran Hukum Gantung 20 Penganut Sunni

Ilustrasi---MI

 

IRAN menghukum gantung 20 tahanan sunni. Ini merupakan eksekusi masal terbesar sejak beberapa tahun lalu.

Seperti dilansir AFP, para tahanan yang merupakan pria tersebut sebelumnya diduga melakukan serangkaian serangan terhadap warga sipil dan pemimpin agama di wilayah Kurdi Barat, Iran.

Kementerian intelijen Iran sebelumnya mengeluarkan pernyataan ada 24 serangan bersenjata antara 2009 dan 2011. Serangan termasuk aksi pemboman dan perampokan.

Iran, yang sebagian besar penduduknya adalah penganut Syiah, telah menghukum mati 977 orang sampai sejauh ini pada 2016, menurut organisasi hak asasi manusia, Amnesty International.

Kelompok hak asasi manusia mengecam hukuman mati terbaru dengan mengatakan para terhukum menjalani pengadilan yang tidak adil.

Kelompok yang bermarkas di Amerika Serikat, International Campaign for Human Rights in Iran, menyatakan salah satu pria yang digantung adalah Shahram Ahmadi, yang mengatakan seluruh kasus terhadapnya berdasarkan pengakuan di bawah paksaan.

Tidak seorang pun dari keluarga terhukum diizinkan mengunjungi mereka sebelum digantung, kata organisasi tersebut. (MTVN/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More