Minggu 31 Juli 2016, 15:33 WIB

Persentase Kaum Muslim di Indonesia Alami Penurunan

Rudy Kurniawansyah | Humaniora
Persentase Kaum Muslim di Indonesia Alami Penurunan

ANTARA/Nova Wayudi

 

JUMLAH penduduk muslim di Indonesia saat ini diperkirakan hanya 70% dari sekitar 250 juta jiwa total jumlah penduduk. Jumlah tersebut mengalami penurunan dalam dekade terakhir dari perkiraan persentase sebelumnya sebesar 85%.

"Data Kemenag (Kementerian Agama) dan analisis yang kita lakukan, warga muslim di Indonesia tinggal 70%. Orang banyak keluar dari Islam," ungkap Ketua DPP Hizbut Tahrir Indonesia Dwi Condro Triono dalam diskusi Liqo Syawal di aula Mesjid Annur Pekanbaru, Minggu (31/7).

Dwi Condro menjelaskan, meski masih tergolong mayoritas namun umat Islam di Indonesia semakin menyusut jumlahnya. Fenomena banyaknya orang yang keluar dari agama Islam disebabkab berbagai hal.

"Gelombang orang yang keluar dari Islam (permutadan) antara lain akibat kuat pengaruh hedonisme dan kapitalisme global yang menggerogoti segala sisi kehidupan. Generasi muda memilih liberalisme serta meninggalkan aturan syariat Islam," paparnya.

Adapun wajah umat Islam saat ini, lanjut Dwi Condro, semakin terpuruk dari semua segi kehidupan. Pada bidang politik, orang Islam Indonesia tidak mampu bersatu terbukti dari jatuhnya citra partai-partai Islam, dari ekonomi orang Islam Indonesia terjebak budaya konsumtif dan hidup miskin, dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya, orang Islam kian jauh tertinggal dari lainnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More