Jumat 22 Juli 2016, 20:22 WIB

Unas Pererat Kerja Sama dengan Universiti Malaya

Administrator | Humaniora
Unas Pererat Kerja Sama dengan Universiti Malaya

Istimewa

 

UNIVERSITAS Nasional (Unas) menjadi tuan rumah program International Homestay Student Exchange atau Za’Ba International Project (ZIP) Universiti Malaya pada 18–22 Juli 2016. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill mahasiswa kedua universitas melalui kegiatan akademik, sosial, serta pertukaran budaya antara Indonesia dan Malaysia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unas Dr Zainul Djumadin menyambut baik kegiatan ini. "Ini merupakan kesempatan yang baik bagi kedua negara khususnya mahasiswa dan dosen kedua universitas untuk saling belajar dan meningkatkan kemampuan. Kami berharap agar kerja sama antara kedua universitas dapat terus berjalan dan diperbarui agar memberikan manfaat bagi kedua negara," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/7).

Delegasi Universiti Malaya mengirimkan 16 mahasiswa dan 4 dosen untuk mengikuti program ini. Sedangkan Unas turut melibatkan dosen dan mahasiswa asal Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Berbagai kegiatan akademik maupun sosial digelar, antara lain seminar internasional yang membahas antara hubungan kedua negara dan posisinya di ASEAN.

Seminar yang dilaksanakan pada hari kedua, Selasa (19/7), ini mengambil tajuk 'The Challenge of ASEAN Economic Community AEC bagi Indonesia dan Malaysia', serta 'Indonesia and Malaysia’s Strategic Position in Strengthening the ASEAN Security Community'. Dalam seminar ini, mahasiswa kedua negara mempresentasikan pandangannya tentang tema tersebut dan berdiskusi secara aktif tentang kondisi ASEAN.

Pada hari ketiga, Rabu (20/7), delegasi Malaysia dan mahasiswa Unas saling berbaur mengadakan pertandingan olahraga futsal. Sedangkan para dosen melakukan Training of Trainers (TOT) tentang Tracer Study. Kegiatan yang menghadirkan Associate Professor Dr Rohana Jani sebagai narasumber ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan tracer study yang dilakukan di Universiti Malaya, Malaysia. Traning ini dihadiri oleh perwakilan dosen-dosen dari seluruh fakultas di Universitas Nasional.

Pada Kamis, (21/7), rombongan melakukan pengabdian kepada masyarakat (community service) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Mahasiswa Unas dan Universiti Malaya turun untuk membersihkan tempat ibadah yaitu Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, dan Kelenteng Kong Miaoyang berada di komplek TMII.

"Di antara kita ada yang tidak pernah pergi ke tempat sembahyang orang lain, tujuan kita ikut membersihkan tempat ibadah agar kita dapat memahami agama lain,” ungkap Ketua Delegasi Malaysia, Lam Yoke Han.

Program ini ditutup dengan malam seni dan budaya dan setiap universitas menampilkan kebudayaan khas negara masing-masing. Mahasiswa Malaysia menyuguhkan Tarian Sumazau, Tarian Joget, tarian khas India, permainan yoyo, serta menyajikan gerak lagu dan sorak semangat. Sedangkan mahasiswa dari Indonesia menampilkan Tari Siri Kuning, Tari Saman, paduan suara, dan beberapa lagu dari mahasiswa.

"Program ini berjalan dengan lancar, saya harap hubungan ini dapat berjalan terus. Kita dapat menjalankan program-program lain seperti riset. Saya mengucapkan terima kasih banyak-banyak untuk Universitas Nasional atas kesempatan dapat menjalankan program ini," ungkap perwakilan Universiti Malaya Prof Dr Rohana Jani.

Uniknya, selama tinggal di Indonesia, delegasi Malayasia menginap di rumah para dosen dan pimpinan Unas. Melalui program homestay ini diharapkan mahasiswa dapat meleburkan diri dan memahami budaya masing-masing negara secara langsung.

"Selama beberapa hari ini kami berteman dengan mahasiswa UNAS kami sangat gembira, we are having fun together. Banyak yang kami dapatkan dari mahasiswa Unas, yaitu informasi mengenai universiti dan juga kebudayaan Indonesia,” ungkap Lam Yoke Han. (RO/OL-5)

Baca Juga

AFP/Jason

Andalkan Kecerdasan Buatan Microsoft Hentikan Jurnalis

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:37 WIB
PHK adalah bagian dari dorongan yang lebih besar oleh Microsoft untuk mengandalkan kecerdasan buatan untuk mengambil berita dan konten yang...
Antara

AR Google Permudah Hitung Jarak Sosial

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:32 WIB
Jika Anda memiliki perangkat Android, cukup buka browser Chrome dan buka goo.gle/sodar untuk mencoba alat baru bernama...
Bea cukai

Covid-19 Momentum Tepat Berhenti Merokok

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 22:58 WIB
Merokok dapat meningkatkan risiko penularan virus korona baru yang akan memperberat komplikasi penyakit akibat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya