Selasa 05 Juli 2016, 13:36 WIB

PPP Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Surakarta

Al Abrar | Politik dan Hukum
PPP Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Surakarta

ANTARA/MAULANA SURYA

 

KETUA Umum DPP PPP M Romahurmuziy menegaskan mengutuk aksi rentetan ledakan di sejumlah negara termasuk di Surakarta, Indonesia. Menurutnya, ledakan itu merusak pesan damai Ramadan dan Idul Fitri.

"PPP menyerukan seluruh umat Islam untuk memelihara pesan damai Ramadan, tidak terpancing dengan ekstremisme, dan tetap menjalankan mudik serta Idul Fitri dengan kebahagiaan bersama keluarga," kata Rommy begitu ia disapa, melalui siaran pers yang diterima, Selasa (5/7).

Rommy menjelaskan, mengacu pada Fatwa MUI No 3 tahun 2004 tentang Terorisme dan Keputusan Munas Alim Ulama NU tahun 2002 tentang melawan Kezhaliman dengan Pengorbanan Jiwa tindakan tersebut tidak dibenarkan.

Dalam Islam, lanjut Rommy, bom bunuh diri seperti yang dilakukan di Surakarta tergolong terorisme yang haram hukumnya dalam Islam, karena sifatnya merusak, anarkis, menciptakan rasa takut, dan menyasar siapa pun tanpa batas.

"Tindakan tersebut sama sekali bukan jihad dan pelakunya tidak digolongkan sebagai syahid, bahkan dimasukkan ke dalam neraka," ujar Rommy.

Apalagi ditambah adanya pesan damai yang menjadi inti Ramadan dan Idul Fitri. Dia juga meminta para teroris kembali islam yang juru damai semesta alam.

"Kepada para teroris di manapun berada, kembalilah ke Islam yang kaffah. Kembalilah kepada peradaban Nabi (madinatun nabi). Kembalilah kepada Islam yang menjadi juru damai semesta (rahmata). Tinggalkan kesesatan berpikir jihad ofensif yang selama ini diyakini, karena kebutuhan umat Islam untuk hidup mengentaskan kemiskinan dan membangun kesejahteraan, lebih besar daripada kebutuhan kita untuk bunuh diri dan mengkafirkan," ujar anggota Komisi III ini. (MTVN/OL-3)

Baca Juga

MI/Susanto

DPR tidak Boleh Paksakan Membuka Masa Sidang

👤Pro/I-1 🕔Minggu 29 Maret 2020, 07:05 WIB
Fungsi DPR harus terus berjalan meski dalam kondisi darurat pandemi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Tanggap Darurat DKI Sampai 19 April 2020

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:40 WIB
Fraksi NasDem di DPRD DKI berharap Gubernur Anies sejalan dengan pemerintah pusat yang mencanangkan tanggap darurat hingga 29...
Dok Antara

170 Ribu APD Didistribusikan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:35 WIB
Selain mengimpor alat pelindung diri dan ventilator, pemerintah juga mendorong industri dalam negeri untuk memproduksi kedua alat kesehatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya