Selasa 05 Juli 2016, 13:08 WIB

Pasca Bom Solo, Jokowi Tetap Mudik ke Solo

Yose Hendra | Politik dan Hukum
Pasca Bom Solo, Jokowi Tetap Mudik ke Solo

ANTARA/Setpres/Rusman

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mensinyalir tetap mudik atau pulang kampung ke Solo besok meski teror bom baru saja terjadi di Malporesta Surakarta, tadi padi, Selasa (5/7).

"Agenda tetap," ujar Jokowi saat konfrensi pers di Padang, Sumatra Barat.

Setelah shalat Id di Mesjid Raya Sumatra Barat, Padang, besok, Jokowi dan keluarga diagendakan mudik ke Solo.

Saat ini, Jokowi dan keluarga beserta beberapa menteri tengah melakukan kunjungan kerja ke Padang. Rombongan Presiden diagendakan berada di Padang selama tiga hari yakni 4-6 Juli.

Selain shalat tarawih terakhir di Padang, Presiden Jokowi dijadwalkan melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sumatra Barat besok.

Kedatangan Jokowi ke Padang, juga diagendakan melakukan serangkaian kegiatan seperi membagikan sejumlah bingkisan untuk kaum duafa di lima lokasi di Kota Padang, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Padangpariaman.

Kemudian rombongan diperkirakan berjumlah 50 orang akan melakukan perjalanan darat sejauh 65 km untuk melihat keindahan panorama Danau Diatas dan Danau Dibawah dan memberikan paket sembako di Pasar Alahan Panjang. Jika memungkinkan Presiden akan salat zuhur dii masjid Ummi Alahan Panjang dan kembali ke Padang.

Pada Selasa malam, Presiden akan menghadiri malam takbiran di halaman kantor Gubernur, Jalan Sudirman. Takbiran direncanakan akan dihadiri ribuan orang yang didatangkan dari 11 kecamatan di Kota Padang.

"Mobil perwakilan dari 11 kecamatan akan arak-arakan yang dimulai dari Gedung Olahraga Haji Agus Salim menuju halaman kantor gubernur. Nanti akan ada acara budaya mengantarkan makanan kepada pimpinan dari masyarakat kesebalas kecamatan, di sana takbiran akan dipimpin oleh presiden," jelas Ali.

Puncaknya, Rabu (6/7), Presiden akan salat Id di Masjid Raya Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman. Sekitar 10 ribu warga akan ikut salat di masjid tersebut.

Terkait bom Solo, Jokowi mengaku telah memerintahkan Kapolri untuk mengejar jaringan-jaringan pelaku bom bunuh diri, menangkapnya, dan mengungkap motif bom bunuh diri tersebut.

"Aparat telah bisa mengendalikan keadaan. Kita harap masyarakat tenang dan juga waspada karena besok kita sudah masuk hari raya Idul Fitri," tandas Jokowi.

Bom bunuh diri yang terjadi di halaman Malporesta Surakarta menewaskan pelakunya dan menciderai satu orang anggota Provos Polresta Surakarta. (OL-4)

Baca Juga

DOK DPR RI

KPPA Harus Deteksi Anak Terpapar Covid-19 di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 17:00 WIB
Yandri menyampaikan, saat ini kasus positif virus korona sebanyak 3.293 pasien. Dari data tersebut, KPPPA harus mampu mendeteksi jumlah...
DOK DPR RI

Ciptakan Stabilitas Harga, Bulog Diminta Gelar Operasi Pasar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 15:25 WIB
Menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini, jangan sampai ada pihak spekulan yang mengambil keuntungan besar dalam kondisi seperti...
Antara

Jokowi: Mari Hadapi Pandemi Ini dengan Kebersamaan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 10 April 2020, 14:52 WIB
Menurut Presiden, pandemi yang dihadapi ini merupakan ujian berat bagi bangsa yang memerlukan kebersamaan, gotong-royong, dan disiplin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya