Senin 04 Juli 2016, 13:13 WIB

Penjualan Selama Ramadan dan Lebaran Sumbang 45% Target Aprindo

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Penjualan Selama Ramadan dan Lebaran Sumbang 45% Target Aprindo

Dok. MI

 

PENJUALAN ritel di masa Ramadan dan menjelang Lebaran tahun ini mengalami peningkatan dan jauh lebih baik dari tahun lalu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, saat dihubungi Media Indonesia, Senin (4/7).

“Kendati saat ini belum mendapat laporan keseluruhan, tapi melihat animo masyarakat, sejak pekan lalu, setelah masyarakat menerima tunjangan hari raya (THR), penjualan sudah naik signifikan,” ucap Roy.

Ia menyebutkan peningkatan pesat mulai terjadi pada masa 10 hari menjelang hari raya, khususnya di saat banyaknya penawaran diskon yang diberikan kepada masyarakat.

“Pada awal Ramadan, tidak kelihatan ada pergerakan. Tetapi, sejak H-10, ada peningkatan pembelanjaan sampai 25% dari hari-hari sebelumnya,” tuturnya.

Roy memprediksi peningkatan penjualan akan terus terjadi hingga tujuh hari pascalebaran.

Apa yang terjadi pada saat ini, papar Roy, sama persis dengan apa yang terjadi pada tahun sebelumnya. Namun, pada saat itu, tepat setelah H+7, daya beli masyarakat langsung menurun drastis.

“Namun, kami optimis tahun ini tidak akan terjadi hal seperti itu. Saat ini kondisi perekonomian sudah semakin baik. BI rate turun, adanya deregulasi, penguatan rupiah, itu semua menjadi faktor,” jelasnya.

Aprindo pada tahun ini menargetkan penjualan sebesar Rp200 triliun, meningkat 8% dari tahun sebelumnya yang hanya Rp172 triliun.

“Kami targetkan dari masa Ramadan dan Lebaran ini ada kontribusi 45% atau sekitar Rp80 triliun. Ini bisa menjadi titik awal recovery dunia industri ritel kita yang kurang baik pada tahun lalu,” pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

DOK PUPR

Menteri Basuki Tekankan Penggunaan Komponen dalam Negeri

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Juli 2020, 22:42 WIB
Jembatan Sei Alalak akan menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan menjadi jalur utama yang menghubungkan...
DOK KEMEN PUPR

Menteri Basuki: Penyediaan Irigasi Kunci Pengembangan Food Estate

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Juli 2020, 22:31 WIB
Dikatakan Menteri Basuki, dengan merevitalisasi areal sawah yang sudah ada, maka biaya yang dibutuhkan juga akan lebih murah dibandingkan...
Ilustrasi

Industri Petrokimia Global Siap Investasi di Teluk Bintuni

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Juli 2020, 21:45 WIB
Kawasan itu dilirik salah satu pemain Industri Petrokimia global, Chayil Energy yang berniat membuat basis produksi di Teluk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya