Rabu 22 Juni 2016, 22:27 WIB

Indonesia Kirim 8 Atlet ke Paralympic Games Brasil

Antara | Olahraga
Indonesia Kirim 8 Atlet ke Paralympic Games Brasil

Istimewa

SEBANYAK delapan atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia telah disiapkan untuk mengikuti pesta olahraga penyandang disabilitas dunia dalam Paralympic Games 2016 di Rio de Janeiro Brasil, pada 7-18 September mendatang.

"NPC Indonesia akan mengirimkan delapan atletnya atau meningkat empat orang jika dibandingkan dengan Paralympic Games sebelumnya 2012 di London," kata Koordinator Bidang Pembinaan Prestasi NPC Indonesia Waluyo saat temu media di Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/6) petang.

Dia mengatakan delapan atlet NPC Indonesia yang dipersiapkan tersebut akan mengikuti empat di antara 29 cabang olahraga yang dipertandingkan di Brasil itu. "NPC Indonesia akan mengikuti empat cabang olahraga, yakni atletik, angkat berat, tenis meja, dan renang," katanya.

Dia menjelaskan untuk cabang olahraga atletik NPC Indonesia akan mengirim Setyo Budi Hartanto yang akan turun di nomor lompat jauh dan lari 100 meter, dua lainnya Abdul Halim dan Alan yang akan turun pada lari 100 meter dan 200 meter.

Pada cabang olahraga angkat berat, dua atlet NPC Indonesia, yakni Ni Nengah Widyasih akan turun di kelas 40 kg dan Siti Mahmudah kelas 60 kg.

"Kami cabang renang mengirimkan empat perenang, antara lain Jendri Panggabean, Agus Hermin, Polipus, dan Suci. Mereka telah lolos di babak kualifikasi," kata Waluyo.

NPC Indonesia pada cabang olahraga tenis meja telah mengirimkan atlet andalannya David Yacob yang diharapkan dapat menyumbangkan medali di paralympic dunia tersebut.

"David Yacob ini pada paralympic di London Inggris berhasil merebut medali perak nomor tunggal putra tenis meja, sedangkan medali emas atlet dari Tiongkok," katanya.

Ia mengatakan para atlet yang difokuskan Paralympic Games Brasil tersebut telah mengikuti pemusatan latihan di Solo sejak Januari 2016 hingga sekarang. "Mereka telah mengikuti tahapan-tahapan babak kualifikasi sebelum diberangkatkan ke Rio de Janeiro. Kami pada pesta olahraga dunia disabilitas ini, ada peningkatan dari jumlah atlet yang lolos," katanya.

Pihaknya berharap pada Paralympic Games 2020 di Jepang sudah dipastikan untuk diperlombakan cabang bulu tangkis yang menjadi andalan NPC Indonesia untuk meraih medali emas. "Paralympic di Brasil tidak dipertandingkan cabang bulu tangkis," katanya. (Ant/OL-5)

Baca Juga

AFP

Remehkan Kemenangan Hamilton, Lando Norris Minta Maaf

👤Widhoroso 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 21:32 WIB
Seusai GP Portugal, Norris mengatakan Hamilton memang seharusnya banyak meraih kemenangan karena begitu tangguhnya paket mobil Mercedes,...
Kirill KUDRYAVTSEV / AFP

Putin Undang Khabib Nurmagomedov ke Kremlin

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 21:25 WIB
Co-manager Khabib, Rivan Magomedov, yang memastikan bahwa petarung Dagestan itu telah diundang Putin ke Istana...
ANTARA

KONI Sulsel Gelar Rapid Test, Seorang Pelatih Bulutangkis Reaktif

👤Lina Herlina 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 20:34 WIB
Dari 17 cabang olahraga (Cabor), baru atlet dari 12 cabor yang ikut tes cepat. Artinya masih ada 38 atlet dan 22 pelatih yang belum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya