Selasa 07 Juni 2016, 23:36 WIB

Enam Kelurahan di Belawan Terendam Banjir Air Laut Pasang

Antara | Nusantara
Enam Kelurahan di Belawan Terendam Banjir Air Laut Pasang

FOTO ANTARA/Septianda Perdana

 

MESKI banjir rob atau air laut pasang mulai berkurang, enam kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara, hingga Selasa (7/6) sore masih terendam.

"Seluruh halaman di kelurahan yang berada di tengah-tengah kota itu, masih digenangi banjir pasang dan sebagian juga ada yang masuk ke perkantoran milik pemerintah itu," ujar Sofyan, 37, warga Belawan saat dihubungi dari Medan, Selasa malam.

Enam kelurahan yang dilanda banjir itu, menurut dia, yakni Belawan I, Belawan II, Belawan Bahagia, Belawan Bahari, Belawan Sicanang, dan Bagan Deli.

"Air pasang itu mulai naik ke Kota Belawan sejak pukul 14.00 WIB dan kemudian menyusut pukul 18.30 WIB. Tidak ada warga yang mengalami korban jiwa atau mengalami luka-luka akibat fenomena alam itu," ujar Sofyan.

Ia menjelaskan, banjir rob yang bercampur dengan limbah tersebut terlihat tetap mengenangi Jalan Stasiun, Selebes, Sumatra, Simalungun, Veteran, dan beberapa jalan utama lainnya di Kota Belawan.

Selain itu, rumah warga yang paling parah terkena bencana banjir rob itu berada di Kelurahan Belawan Sicanang dan Bagan Deli. Kedua kelurahan itu lokasinya sangat dekat dengan pinggiran pantai di Belawan.

"Bahkan lokasi tersebut banyak dihuni para nelayan tradisional yang kehidupan mereka juga sangat memprihatikan dan tergolong miskin serta perlu mendapat perhatian pemerintah," ucapnya.

Sofyan menambahkan, warga yang rumahnya tergenang banjir rob itu lebih kurang mencapai 4.000 unit dan rata-rata milik nelayan tradisional. "Sampai saat ini bantuan makanan dari Pemkot Medan belum ada yang mengalir ke lokasi banjir dan begitu juga pendirian Posko Banjir," katanya.

Sebelumnya, banjir rob atau banjir laut pasang yang terjadi di Belawan, Provinsi Sumatra Utara, Sabtu sore (4/6), merendam ribuan rumah warga di enam kelurahan di kota itu, tetapi tidak ada korban jiwa dan mengalami luka-luka.

"Banjir yang melanda Belawan itu kedalamannya bervariasi, ada yang 1 hingga 2 meter merendam permukiman penduduk," ujar seorang warga Kelurahan Belawan Bahari, Pendi Pohan, 54, yang dihubungi dari Medan.

Banjir laut pasang Belawan ini, menurut dia, baru pertama kali ini mencapai 2 meter. Hal sangat berbahaya bagi keselamatan masyarakat Belawan yang tinggal di pinggiran laut.

Ia menjelaskan, banjir laut pasang itu tidak hanya merendam rumah warga, tetapi juga kantor pemerintahan seperti kantor kelurahan dan kecamatan. Sejumlah lokasi yang digenangi banjir itu, yakni ruko di kawasan Jalan Veteran Kelurahan Belawan I sedalam satu meter dan airnya masuk ke rumah-rumah warga yang selama ini dijadikan tempat usaha.

Kemudian, di Jalan Veteran, Jalan Sumatera, Jalan Simalungun Belawan juga direndam banjir pasang sedalam 1 meter dan para pedagang di lokasi tersebut menutup usaha mereka.

"Air laut pasang juga merendam enam kelurahan yang ada di Belawan seperti Belawan I, Belawan II, Belawan Bahagia, Belawan Bahari, Belawan Sicanang, dan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan," katanya. (Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:33 WIB
Kebijakan tersebut diambil Erzaldi untuk menahan arus mobilisasi manusia dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Minggu Kedua April, Semua PDP Bali Dipindahkan ke RS PTN Jimbaran

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:20 WIB
Seluruh PDP di Bali akan serentak dipindahkan dan dipusatkan di RSPTN Universitas Udayana minggu kedua April agar  penanganan PDP...
Antara

Pemkab Sukabumi Sterilisasi Akses Masuk di Perbatasan

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pemkab Sukabumi mensterilkan orang-orang yang masuk dan juga kendaraannya yang keluar dan masuk ke Sukabumi untuk menekan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya