Rabu 08 Juni 2016, 03:50 WIB

Pemudik Laut Ramai di Timur

Adhi M Daryono | Nusantara
Pemudik Laut Ramai di Timur

ANTARA/WAHYU PUTRO A

 

PT Pelni menawarkan paket mudik berbiaya murah dengan kapal laut untuk rute Jakarta-Surabaya PP. PELABUHAN Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, diprediksi BUMN Pelayaran, PT Pelni (persero) menjadi pelabuhan tersibuk pada saat angkutan Lebaran nanti. Seperti tahun sebelumnya, pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar merupakan tempat persinggahan kapal-kapal dari Sulawesi. Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni, Ahmad Sujadi mengatakan, pada tahun lalu, Makassar menjadi pelabuhan yang melayani penumpang terbanyak dengan jumlah 67.384 penumpang. Di posisi kedua dan ketiga, Surabaya dan Balikpapan masing-masing mengangkut 60.546 dan 45.802 penumpang selama angkutan Lebaran 2015. "Pada angkutan Lebaran 1437 H tahun 2016 ini diperkirakan Makassar masih menempati rangking pertama," ujar Sujadi di Jakarta, Selasa (7/6).

Sebaliknya, Sujadi menambahkan, pelayaran dari Ibu Kota Jakarta volumenya diprediksikan vo-lume penumpang tidak terlalu padat. "Tanjung Priok yang dekat Ibu Kota, volumenya kalah dengan Surabaya, Makassar bahkan kalah dengan Jayapura, artinya mudik dengan kapal laut dari Jakarta belum dominan dengan kapal laut, tapi dengan kereta api, bus, dan mobil pribadi. "Pada tahun ini, lanjut Sujadi, PT Pelni tidak mengangkut sepeda motor dan pe-numpangnya untuk angkutan gratis dari Tanjung Priok, Jakarta ke Semarang PP. Untuk itu, PT Pelni menawarkan paket mudik berbiaya murah, mudik dengan kapal laut untuk rute Jakarta-Surabaya PP dengan kapal reguler.

"Kapal reguler Jakarta-Surabaya ini biasanya penumpang dari Jakarta masih sedikit. Penumpang akan bertambah ketika berangkat dari Surabaya. Space ini yang kami tawarkan kepada penumpang di Jawa untuk mudik Lebaran dengan kapal laut pada koridor Jakarta-Surabaya," ujarnya. Tiket mudik Lebaran kapal laut Jakarta-Surabaya kelas ekonomi dipatok Rp235.000, sudah termasuk makan. Lama perjalanan tidak jauh berbeda dengan kendaraan darat pada saat Lebaran, yakni 23 jam. Untuk pembelian tiket, Sujadi menjelaskan bisa dilakukan melalui call centre Pelni di 162 yang kemudian dilanjut dengan pembayaran melalui PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. "Pembelian tiket bisa via contact centre Pelni 162 kemudian lanjut pembayaran ke atm BRI untuk kapal Kelud yang sudah menerapkan New Pelni Ticketing System (NPTS)," jelas Sujadi.

Pelindo III
PT Pelindo III (Persero) pun menyiapkan 13 terminal penumpang di wilayah kerjanya di tujuh provinsi untuk mengantisipasi peningkatan arus penumpang mudik dan arus balik Lebaran 2016. Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, menjelaskan, 13 terminal penumpang itu tersebar di tujuh provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, NTB, dan NTT. "Pada masa angkutan Lebaran 2016, jumlah pemudik yang akan memanfaatkan jasa kapal laut diperkirakan relatif stabil dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," jelas Edi. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan armada kapai laut sebanyak 1.273 armada yang dapat mengangkut hingga 3,4 juta orang penumpang, yang terdiri dari 26 kapal Pelni, 28 kapal Ro-Ro swasia, 74 kapal penumpang swasta, 1.049 kapal swasta jarak dekat, dan 96 kapai perintis. (Fat/E-3)

Baca Juga

MI/HARYANTO

Uji Ketahanan sang Ujung Tombak

👤BAYU ANGGORO 🕔Senin 06 April 2020, 09:50 WIB
Korona menuntut semua pihak bekerja keras. Dari pemerintah pusat, provinsi, hingga tingkat rumah...
Mi/Tosiani

Pasar di Temanggung Sepi karena Covid-19

👤Tosiani 🕔Senin 06 April 2020, 09:03 WIB
Saat ini, puasa tinggal sekitar 19 hari lagi dalam hitungannya. Namun, karena terdampak pandemi covid-19, kondisi pasar sepi. Nyaris tidak...
MI/Palce Amalo

ODP Covid-19 di NTT 684 Orang, 13 Dirawat

👤Palce Amalo 🕔Senin 06 April 2020, 08:44 WIB
Saat ini, arus penumpang ke NTT terus bertambah terutama melalui pelabuhan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya