Selasa 07 Juni 2016, 21:27 WIB

Untuk Mengubah Nasib, PSK Kaltim Ditawari Program Transmigrasi

Antara | Nusantara
Untuk Mengubah Nasib, PSK Kaltim Ditawari Program Transmigrasi

Ilustrasi

 

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur memberi tawaran kepada para mantan pekerja seks komersil atau PSK untuk mengikuti program transmigrasi.

Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kaltim Putut Pranomo di Samarinda, Selasa (7/6), mengatakan para mantan PSK pascapenutupan lokalisasi secara serentak oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansyah pada 1 Juni 2016, dapat mengubah nasib dengan memanfaatkan berbagai program yang disediakan pemerintah setempat.

Salah satunya, kata Putut Pranomo, yakni ikut program transmigrasi agar bisa menata hidup lebih baik. "Semua warga negara bisa mengikuti program transmigrasi, termasuk para mantan PSK, sepanjang memenuhi syarat menjadi calon transmigran," kata Putut.

Syarat menjadi calon transmigran, lanjut dia, di antaranya usia dari 18-50 tahun, telah berkeluarga, memiliki keterampilan sesuai kebutuhan untuk mengembangkan usaha di lokasi dan lain-lain. "Paling utama adalah harus berkeluarga. Bagi PSK yang ingin menjadi calon transmigran, itu berarti harus sudah bersuami karena nama suami yang harus didaftarkan," ujar Putut.

Ia menyatakan tawaran Pemkab Berau kepada para mantan PSK untuk mengikuti program transmigrasi di daerah itu menjadi tanggung jawab pemerintah setempat. "Ada tawaran dari Pemkab Berau kepada para mantan PSK yang tidak dipulangkan, agar mengikuti program transmigrasi untuk memperbaiki hidup di daerah itu. Tawaran tersebut menjadi kewenangan Pemkab Berau," tuturnya.

"Memang ada lokasi di Kabupaten Berau yang akan dijadikan sebagai lokasi transmigrasi. Namun, untuk peserta transmigrasinya diprioritasikan kepada warga setempat, tetapi bisa juga untuk daerah lain, tergantung daerah tersebut," pungkas Putut. (Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:33 WIB
Kebijakan tersebut diambil Erzaldi untuk menahan arus mobilisasi manusia dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Minggu Kedua April, Semua PDP Bali Dipindahkan ke RS PTN Jimbaran

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:20 WIB
Seluruh PDP di Bali akan serentak dipindahkan dan dipusatkan di RSPTN Universitas Udayana minggu kedua April agar  penanganan PDP...
Antara

Pemkab Sukabumi Sterilisasi Akses Masuk di Perbatasan

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pemkab Sukabumi mensterilkan orang-orang yang masuk dan juga kendaraannya yang keluar dan masuk ke Sukabumi untuk menekan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya