Selasa 07 Juni 2016, 21:15 WIB

Pemkot Manado Programkan Beasiswa bagi 1.806 Mahasiswa

Antara | Nusantara
Pemkot Manado Programkan Beasiswa bagi 1.806 Mahasiswa

Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Manado memprogramkan beasiswa sarjana strata-1 (S1), S2, dan S3 bagi 1.806 warga yang tingkat kesejahteraanya rendah, dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Beasiswa tersebut diberikan bagi yang kurang mampu, tetapi memiliki kemauan untuk mengenyam pendidikan tinggi serta kemampuan intelektual yang baik pula," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Selasa (7/6).

Dia mengatakan, dengan membantu para mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikannya di S1, S2, maupun S3, maka Manado akan lebih mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), bahkan sanggup menjadi pemenang dan tidak hanya menjadi penonton di negeri sendiri.

Lumentut menambahkan, beasiswa bagi para mahasiswa dengan kemampuan ekonomi lemah tersebut, merupakan program unggulan yang akan dilaksanakan selama dia bersama Mor Bastiaan menjadi pemimpin di Kota Manado. Dia menjelaskan untuk beasiswa S1, akan diambil dari 504 lingkungan yang ada di Manado, dan akan diambil tiga orang untuk dibiayai selama kuliah S1 sampai selesai.

"Untuk beasiswa S1 total yang akan dibantu adalah sebanyak 1.512 orang, kemudian untuk S2 akan diambil dari tiap kelurahan masing-masing tiga orang juga," katanya.

Untuk beasiswa S2, kata Lumentut, yang akan dibiayai adalah sebanyak 261 orang supaya bisa berkuliah sampai selesai, kemudian untuk S3 juga hampir sama yakni tiga orang tetapi dari tiap kecamatan, jadi totalnya adalah 33 orang.

Dia mengatakan, pemerintah memang memperhatikan SDM, karena hanya itu yang dimiliki Manado, sebab tidak begitu banyak kekayaan alam yang bisa diandalkan untuk dikembangkan. "Pemerintah tentu berharap dengan program ini, maka tidak perlu mengimpor tenaga dari luar, karena kita sudah memiliki SDM dengan kemampuan di atas rata-rata yang akan membangun Manado dan bersaing di era terbuka dan MEA," katanya. (Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:33 WIB
Kebijakan tersebut diambil Erzaldi untuk menahan arus mobilisasi manusia dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Minggu Kedua April, Semua PDP Bali Dipindahkan ke RS PTN Jimbaran

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:20 WIB
Seluruh PDP di Bali akan serentak dipindahkan dan dipusatkan di RSPTN Universitas Udayana minggu kedua April agar  penanganan PDP...
Antara

Pemkab Sukabumi Sterilisasi Akses Masuk di Perbatasan

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pemkab Sukabumi mensterilkan orang-orang yang masuk dan juga kendaraannya yang keluar dan masuk ke Sukabumi untuk menekan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya