Holding BUMN Energi Dinilai Banyak Manfaat

Penulis: Fario Untung Pada: Senin, 06 Jun 2016, 10:39 WIB Ekonomi
Holding BUMN Energi Dinilai Banyak Manfaat

Komaidi Notonegoro -- MI/Ramdani

RENCANA pemerintah membentuk holding BUMN energi berdampak sangat baik bagi kedaulatan energi nasional. Selain bisa meningkatkan efisiensi, juga membuat kemampuan holding bisa lebih besar.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro melalui keterangan tertulis, Senin (6/6).

Menurutnya, pembentukan holding dapat meningkatkan efisiensi dimana dengan holding akan ada penyatuan infrastruktur antara Pertamina dan PGN

“Jadi, positifnya sangat banyak,” kata Komaidi.

Menurutnya, dari sisi penugasan pemerintah dengan adanya lembaga baru nanti, tentu penugasan akan lebih sederhana dan ini pun membuat jauh lebih efisien.

“Salah satunya adalah persoalan open access. Jika selama ini selalu bermasalah, maka dengan adanya holding, persoalan itu akan selesai,” kata dia.

Dari sisi investasi, Komaidi juga menilai bahwa dengan holding maka kemampuan investasi jauh lebih besar. Karena penggabungan aset akan bisa dimonetisasi, artinya bisa menjadi agunan atau jaminan untuk penerbitan obligasi jika ingin melakukan pembiayaan.

Itu sebabnya Komaidi tidak heran, jika saham PGN mengalami rebound ketika pemerintah menggulirkan rencana pembentukan holding.

Hal itu terjadi karena para investor melihat bahwa pembentukan holding memang sangat positif. Apalagi, perencanaan itu dilakukan langsung oleh Kementerian BUMN, sehingga investor semakin mendapat jaminan dari pemerintah.

“Tren saham tersebut juga terjadi di berbagai negara. Karena penyatuan perusahaan akan menjadikan lebih efisien,” lanjutnya.

Sementara itu, pakar energi UGM Fahmy Radhi mengatakan bahwa di tengah persaingan industri migas yang semakin ketat, pembentukan holding BUMN Energi di Indonesia memang menjadi urgen.

Menurutnya, pembentukan holding diyakini dapat mendorong bisnis holding BUMN energi menjadi lebih kompetitif, dapat memperkuat struktur aset dan modal, serta menjadi lebih efisien.

“Saya setuju holding energi dibentuk. Karena dalam kondisi harga minyak yang selalu menurun, ini memang perlu ditata kembali. Saya setuju, karena bisa mendorong efisiensi akan mendorong akumulasi modal, danakan lebih kompetitif. Ini memang suatu kebutuhan,” kata Fahmy. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More