Artha Graha Peduli Gelar Operasi Pasar

Penulis: Budi Ernanto Pada: Minggu, 05 Jun 2016, 19:30 WIB Ekonomi
Artha Graha Peduli Gelar Operasi Pasar

MI/Arya Manggala

YAYASAN Artha Fraha Peduli (AGP) menggelar operasi pasar daging sapi dengan harga Rp75 ribu per kilogram. Operasi itu diadakan di empat titik di Kebon Kacang, Bendungan Hilir, Gelora Bung Karno, dan Blok S.

Menurut Pengurus Senior Yayasan AGP Heka Hertanto, operasi pasar daging sapi yang diadakan bersama Induk Koperasi Kepolisian dan Kementerian Pertanian itu dimaksudkan untuk melaksanakan instruksi Presiden Jokowi yang meminta agar harga daging sapi bisa di bawah Rp80 ribu.

"Masyarakat hanya diperbolehkan membeli satu kilogram daging sapi. Selain itu, ada juga sembako yang isinya tiga mie instan, beras dua kilogram, gula satu kilogram, dan minyak satu liter," ujar Heka di Bendungan Hilir, Minggu (5/6).

Heka menambahkan, sembako yang ada itu dijual dengan harga Rp25 ribu. Sementara komoditas lainnya, seperti bawang merah dan cabai merah masing-masing dijual dengan harga Rp25 ribu dan Rp18 ribu. Kemudian, beras Rp35 ribu dan daging ayam Rp25 ribu.

"Operasi pasar akan ada sampai H-1 Lebaran. Untuk daging sapi, hanya ada di kawasan Jabodetabek. Sementara sembako dan lainnya, ada di seluruh Indonesia. Masyarakat akan diinformasikan mengenai lokasinya karena tidak melulu ada di satu titik," jelas Heka.

Pada saat yang sama, Kepala Badan Ketahanan Pangan Gardita Budi berharap dengan adanya operasi pasar, harga daging dan sembako bisa turun. Sejauh ini dirinya masih mendapat laporan ada harga daging sapi yang masih di atas Rp80 ribu.

"Karena itu pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian mengajak industri pangan agar mau menurunkan harga. Tapi, itu jangan sampai juga merugikan petani. Harga yang ada di tingkat konsumen juga tidak terlalu tinggi," kata Gardita.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang juga datang ke area operasi pasar Yayasan AGP, meminta agar seluru pelaku usaha pangan yang ada di Indonesia turut melakukan kegiatan serupa. Harapannya adalah harga di pasar tetap stabil. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More