Minggu 05 Juni 2016, 03:00 WIB

UKM pun Eksis di Jalanan Kota

(Zat/M-2) | Ekonomi
UKM pun Eksis di Jalanan Kota

MI/IIS ZATNIKA

 

BEKERJA, merintis bisnis dengan dibantu para investor, bertumbuh, dan kini berupaya mengembalikan berkah yang diterimanya. Dinobatkan sebagai Duta Smesco oleh Kementerian Koperasi dan UKM pada 2011 lalu, Fachmina Aditya Putra, 28, yang bekerja di perusahaan-perusahaan periklanan luar ruang, dengan spesialisasi billboard dan videotron selama 6,5 tahun, memulai bisnisnya pada Juni 2015 lalu. Bermodal kartu nama, material berjualan dari PT Elven Media Infi nita yang didirikannya, berbagai perizinan lain, serta jaringan yang dimilikinya, ia mencoba menjaring order. “Saat itu, ketika ada order, saya coba jaring investor per proyek. Karena perusahaan sejenis sudah banyak dan sangat besar skalanya, saya menampilkan keistimewaan, yaitu bermitra dengan lembaga riset yang khusus meneliti ketepatan lokasi media iklan luar ruang disesuaikan dengan karakter bisnis klien,” kata Fachmi yang menjadi salah satu pembicara dalam Creativity Day yang rutin diadakan setiap bulan di Galeri Indonesia Wow (GIW), Gedung Smesco, Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (29/5) lalu.

Semangat merintis serta konsistensi menerapkan unique selling point atau pembeda istimewa produk atau jasa itulah yang selalu dibagikan Fachmi dalam berbagai forum start-up. Berkat kiat itu, kini telah ada lima lokasi billboard serta 4 layar iklan LED untuk menayangkan videotron. “Karena ada tanggung jawab moral membantu UKM lain, ya pernah berada di situasi yang sama. Saya selalu bilang, iklan luar ruang itu enggak mesti mahal. Saya berikan harga khusus, tetap dengan fi tur riset yang terukur dengan sistem pembayaran yang bisa menyertakan sistem barter,” kata Fachmi yang kini masih membuka kesempatan untuk para UKM untuk bermitra. Salah satu berkah istimewa yang kini dinikmatinya, kata Fachmi, ialah voucer makan di restoran yang didapatnya dari hasil barter bersama UKM. “Pokoknya saya ingin bilang,
iklan di billboard atau videotron itu bisa juga dinikmati UKM kok,” kata Fachmi. (Zat/M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More