Rabu 01 Juni 2016, 08:45 WIB

Peneliti Memetakan Sebaran Kucing Merah

SY/H-2 | Humaniora
Peneliti Memetakan Sebaran Kucing Merah

WIKIPEDIA

 

SEBANYAK 60 akademisi dari beberapa perguruan tinggi di dunia meneliti keberadaan satwa liar kucing merah di Kalimantan (Borneo). Dua peneliti berasal dari Indonesia. Salah satunya Rustam, dosen Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda. Hasil kajian tersebut telah diunggah pada Raffles Bulletin of Zoology, Singapura, pada 30 Mei 2016.

Kucing merah (Catopuma badia) adalah jenis kucing liar endemik di hutan tropis Kali-mantan. Spesies itu merupakan salah satu jenis kucing liar dari tujuh jenis yang terdaftar sebagai jenis kucing liar yang terancam punah pada International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Kucing jenis itu jarang terlihat, jarang tertangkap kamera, dan secara luas diketahui sebagai salah satu yang paling jarang ditemukan di dunia. Oleh karena itu, sebarannya tidak diketahui sehingga menghambat upaya konservasi mereka.

"Dalam tulisan ini, kami menggunakan pemodelan sebaran niche Max Ent untuk memprediksi sebaran kucing merah di Borneo. Secara keseluruhan kami mengumpulkan 71 rekaman kehadiran kucing merah yang berasal dari seluruh wilayah Borneo, dari Brunei hingga Kalimantan Selatan," kata Rustam, kemarin.

Rustam menjelaskan dalam kajian tersebut, terdapat 40 catatan yang digunakan untuk pemodelan. Dari prediksi pemodelan kesesuaian habitat, para peneliti mengetahui daerah pedalaman Borneo, yang sebagian besarnya hutan dataran tinggi (hutan perbukitan), juga hutan dataran rendah, dan hutan subdataran tinggi, sebagai kawasan yang diprediksi paling sesuai untuk kucing merah."Hal ini sesuai dengan hipotesis awal yang menyatakan bahwa jenis ini tersebar luas di keseluruhan Pulau Borneo.

"Dataran rendah terdepan seperti hutan mangrove dan hutan rawa diprediksi bukan habitat kucing liar, termasuk daerah yang berubah jadi perkebunan sawit. Berdasarkan prediksi sebaran yang diperoleh, kami menyusun daftar wilayah prioritas untuk konservasi kucing merah di Borneo.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More