Jumat 27 Mei 2016, 10:18 WIB

JK Dorong Program Sensus Ekonomi Nasional

Desi Angriani | Ekonomi
JK Dorong Program Sensus Ekonomi Nasional

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla baru saja didata oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam program sensus ekonomi. Pendataan dilakukan di kediaman Wapres di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Jumat (27/5).

Selama 45 menit, JK diberondong sejumlah pertanyaan terkait keluarga dan bisnis yang dijalaninya. JK mengatakan, selama menjabat Wakil Presiden, dirinya fokus sebagai pejabat negara dan meninggalkan bisnis keluarga.

"Ini rumah negara, pasti tidak ada usaha, tapi memang saya bukan pengusaha lagi. Saya tinggal berdua tambah satu anak dengan suaminya dan satu cucu," tutur JK.

Program tersebut, lanjutnya, perlu didorong untuk mendapatkan data mengenai kemajuan ekonomi dan pengambilan kebijakan di masa mendatang.

"Tanpa data, kita tidak bisa membuat perencanaan yang betul dan juga evaluasi yang benar," ungkapnya.

Dia pun meminta masyarakat tidak khawatir bila didatangi pegawai BPS. Pasalnya, pendataan dilakukan bukan terkait pajak tapi mengenai bidang usaha.

"Itu tidak ada pertanyaan yang menjurus soal pajak. Lebih pada fisiknya. Kemudian nanti di daftar soal usaha itu agar lebih terjamin secara hukum," tegasnya.

Kepala BPS Suryamin mengatakan sensus ekonomi kali ini diadakan mulai 1-31 Mei 2016. Adapun sensus ekonomi mencakup seluruh lapangan usaha kecuali pertanian.

"Dalam rangka sensus ekonomi 2016 yang dilakukan antara 1 dan 31 Mei, perusahaan atau usaha yang didata ini adalah seluruh usaha yang dilakukan di tempat tetap dan tidak tetap," kata Suryamin.

Suryamin mengemukakan, saat ini, pihaknya sedang mendata seluruh bentuk usaha di Indonesia. Tercatat ada 22,6 juta usaha dalam 10 tahun terakhir.

"Karena sensus ekonomi 2006 kita mempunyai jumlah usaha 22,6 juta usaha atau perusahaan. Kita belum tau sekarang tapi melihat struktur ekonomi pasti akan berubah karena sekarang era IT," tandasnya. (MTVN/OL-3)

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya