Jumat 27 Mei 2016, 06:45 WIB

Operasi Pasar Mulai Tekan Harga Bawang

Tim Media/X-13 | Ekonomi
Operasi Pasar Mulai Tekan Harga Bawang
 

PERUSAHAAN Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) fokus menyerap produk langsung dari petani untuk operasi pasar menstabilkan harga bawang merah dan daging. Meski demikian, wacana impor terus bergulir.

"Wacana memang ada, tetapi kami belum mendapatkan izin dari pemerintah untuk melakukan impor bawang," ujar Direktur Pengadaan Perum Bulog, Wahyu, di Jakarta, kemarin.

Dalam menanggapi rencana pemberian izin impor bawang merah, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pihaknya hanya berwenang memberikan rekomendasi teknis.

"Kami melihat itu berdasarkan produksi di dalam negeri, berdasarkan kebutuhan," ujar Amran.

Saat ini Perum Bulog masih mengandalkan pasokan dalam negeri untuk menstabilkan harga bawang merah.

Berdasarkan data Perum Bulog saat ini, harga bawang merah medium di sejumlah pasar induk berkisar Rp27 ribu hingga Rp24 ribu per kilogram.

Harga itu cenderung turun ketimbang harga pekan lalu Rp40 ribu per kilogram.

Pengamatan Media Indonesia di sejumlah daerah seperti di Tasikmalaya, Pemalang, Tegal, Banyumas, dan Solo, harga bawang merah sudah di kisaran Rp15 ribu-Rp25 ribu per kilogram.

Menurut Direktur Komersial Perum Bulog Fadzri Sentosa, penurunan harga itu terjadi setelah Bulog melakukan operasi pasar (OP) bawang merah dalam lima hari ini.

Perusahaan pelat merah itu sudah menggelontorkan 1.000 ton bawang merah ke pasar agar harga bisa kembali normal di sekitar Rp25 ribu per kilogram.

Mengenai pendistribusian daging sapi, Bulog telah memasarkan stok-stok daging ke masyarakat secara berkala, terutama di kota-kota besar.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, harga daging di sejumlah daerah seperti di Padang, Tasikmalaya, dan Cirebon antara Rp110 ribu dan Rp120 ribu per kilogram.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih, mengungkapkan impor daging terbuka bagi semua pihak dan tidak terbatas pada BUMN dan Bulog.

Terkait dengan target dari Presiden agar harga daging sapi bisa Rp80 ribu per kilogram, Karyanto menjelaskan sebetulnya kondisi itu sudah bisa tercapai bila masyarakat mau menggunakan daging beku.

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya