Jumat 27 Mei 2016, 01:50 WIB

Armand Maulana Hadirkan Bengawan Solo di Keroncong Generasi 2016

Dzulfikri Putra Malawi | Hiburan
Armand Maulana Hadirkan Bengawan Solo di Keroncong Generasi 2016

MI/RAMDANI

 

VOKALIS band Gigi, Tubagus Armand Maulana, 45, memberi perhatian pada perkembangan musik tradisional, khususnya keroncong. Sebagai bentuk apresiasi, ia akan turut menyanyikan Bengawan Solo di Keroncong Generasi 2016 yang digelar Sabtu (28/5) di Jakarta. "Saya kan bukan penyanyi keroncong; waktu diajakin pertama kali, kaget. Tapi akhirnya saya pikir panitia punya maksud baik, ingin melebarkan seni tradisi ini kepada anak-anak muda," tutur Armand. Menurutnya, hal itu merupakan gerakan yang sangat baik dan harus ditiru seni tradisi lainnya untuk menghindari ketergerusan dari budaya baru dan teknologi. "Musik keroncong Indonesia sangat kuat keberadaannya, punya pasar dan pendengar sendiri. Tapi jika kemasannya tidak beradaptasi dengan zaman, siap-siap akan tergerus. Ini jangan sampai terjadi," ujarnya saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (24/5) malam.

Tergerusnya budaya tradisi tidak terlepas dari peran generasi muda. Lebih lanjut, Armand mengisahkan pengalamannya soal budaya yang lebih menarik diadopsi para generasi muda Indonesia. Bahkan sejak era remajanya yang sudah kebarat-baratan. "Zaman saya belum ada internet saja sudah kebarat-baratan. Apalagi sekarang, di kota besar anak mudanya bahkan tidak mendengarkan artis Indonesia. Mereka lebih suka nonton artis luar lewat internet. Tantangannya semakin besar untuk mempertahankan seni tradisi," paparnya. Meski demikian, ayah Naja Dewi Maulana itu terkesan dengan gerakan-gerakan di internet seperti tanda pagar (hashtag) yang diawali generasi muda untuk beberapa hal menjadikan teknologi berdampak positif. Armand mengajak mereka menggunakan gerakan itu untuk musik tradisi seperti keroncong agar eksistensinya tetap terjaga dan semakin besar. Itu termasuk acara Keroncong Generasi 2016. Walaupun ia yakini tidak akan berdampak besar secara langsung, Keroncong Generasi 2016 dapat memberikan sebuah kemasan yang menarik. "Paling tidak, sudah ada yang memulai gerakan," kata dia.

Kesibukan
Armand dikenal sebagai musikus yang produktif, baik sebagai individu maupun pemain di grup. Saat ini dia sedang sibuk dengan promosi proyek solo Arana dan persiapan lagu religi bersama Gigi. Album solo yang belum genap dua bulan dirilis itu merupakan nama proyek dari akronim namanya, Arana (Armand Maulana). Album berisi single Hanya Engkau yang Bisa, yang liriknya dibuat Nino (RAN) serta Lale dan Ilman (Maliq & D'Essentials). Kesibukan lain ialah dia bersama dengan Gigi juga sedang disibukkan persiapan lagu religi untuk sebuah sinetron Ramadan yang akan genap berusia satu dekade. Ia mengaku harus memenuhi permintaan lagu religi lantaran ada momen spesial. Awalnya Gigi tidak berencana mengeluarkan karya yang terkait dengan religi di tahun ini. (H-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More