Kamis 26 Mei 2016, 06:10 WIB

Nowela Bantu Papua lewat Album Perdana

Fetry Wuryasti | Hiburan
Nowela Bantu Papua lewat Album Perdana

DOK C&R

 

NOWELA, 28, baru saja merilis album pertama yang berjudul #1 (dibaca: hashtag satu).

Melalui album itu, Nowela bertekad mengurangi buta aksara di Indonesia, terutama di Papua, tanah kelahirannya.

"Dalam album ini juga saya bekerja sama dengan gerakan Indonesia Membaca dan Buku untuk Papua. Jadi, nantinya dari setiap penjualan album saya, ada satu buku yang didonasikan ke Papua," ucap Nowela, saat diwawancara Metrotvnews.com di kawasan Thamrin, Jakarta, kemarin.

Nowela mengungkapkan langkah itu ditempuhnya karena dirinya ingin membantu masyarakat Papua mengatasi buta aksara.

Mengingat sampai saat ini provinsi di ujung timur Indonesia itu termasuk wilayah dengan tingkat buta huruf tertinggi di Indonesia.

"Saya waktu kecil tinggal di Papua. Jadi keadaan sekolah dan pendidikan di sana menjadi memori yang saya miliki tentang Papua. Saya ingin bisa beraksi membantu mereka," lanjut penyanyi berdarah Papua-Batak itu.

Nowela menceritakan pengalaman masa kecilnya ketika bersekolah di pedalaman Papua.

"Saya waktu kecil sekolah di Papua, sekolah saya (di daerah kota) layak. Namun, karena ayah saya ialah seorang pendeta dan dia harus pergi ke pedalaman Papua, saya juga pindah sekolah ke pedalaman Papua. Ternyata di sana keadaan sekolahnya sangat memprihatinkan," tutur penyanyi bersuara khas itu.

Diakui Nowela, jauh sebelum menjadi penyanyi tenar, dirinya sudah memberi perhatian lebih pada dunia pendidikan di kampung halamannya.

"Pendidikan ialah salah satu concern kepedulian saya, terutama pendidikan di Papua. Dari dulu saya sudah beberapa kali ikut membantu, tapi sesuai kapasitas saya waktu itu. Sekarang saya sudah cukup sukses begini, saya pingin bisa berbuat lebih," tegas Nowela.

Bukti eksistensi

Di dunia hiburan, nama Nowela sendiri mulai dikenal publik sejak mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014 di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.

Dia berhasil menjuarai kompetisi itu.

Sejak itu, Nowela resmi memasuki industri musik nasional.

Semenjak kemenangan itu, terhitung butuh satu setengah tahun bagi Nowela untuk memiliki sebuah album perdana. Tentu saja, peluncuran album itu menjadi kebanggaan tersendiri.

"Saya puas sekali tentunya sama perilisan album ini. Buat saya, album ialah bukti nyata eksistensi saya sebagai penyanyi," ucap pemilik nama lengkap Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay itu.

"Berapa lama pun saya jadi penyanyi kalau enggak punya album, ya enggak ada buktinya. Saya enggak bisa cerita kepada anak cucu saya kalau saya ialah penyanyi seandainya enggak punya album," lanjutnya.

Album pertama Nowela yang berjudul #1 itu keseluruhannya mengangkat tema percintaan.

"Lagu di album ini banyak bicara cinta soalnya saya pingin lagu yang saya bawain di album pertama saya itu sifatnya universal dan bisa berhubungan sama banyak orang," jelasnya. (H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More