Bali Mountain Bike Marathon 2016 Jelajahi Kaldera Gunung Batur

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 11 Mei 2016, 19:07 WIB Olahraga
Bali Mountain Bike Marathon 2016 Jelajahi Kaldera Gunung Batur

Istimewa

OLAHRAGA yang dirangkai dengan pariwisata (sport tourism) kini dilirik Provinsi Bali dengan menggelar ajang Bali Mountain Bike Marathon 2016 pada 29 Mei 2016. Ajang tersebut akan digelar di kaldera Gunung Batur, Kintamani yang memiliki panorama indah.

Acara yang digarap Yayasan Atlet Nusantara ini akan diikuti oleh peserta dari beberapa negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei, Denmark, Australia, dan Hong Kong. Hingga kini, telah 78 peserta yang mendaftar dan jumlah tersebut diyakini akan bertambah hingga batas akhir pendaftaraan.

“Bali Mountain Bike Marathon 2016 bukan event biasa. Bukan sekadar penyelenggaraan lomba balap sepeda internasional, tapi juga bertujuan mengangkat pariwisata Bali dan Kintamani pada umumnya. Sudah ada tujuh negara yang memastikan ambil bagian. Nantinya, semua peserta akan kami ajak menjelajahi keindahan Kaldera Gunung Batur di Kintamani,” terang Pengawas Yayasan Atlet Nusantara, Gede Cakra, Selasa (10/5).

Dalam lomba yang akan berlangsung di ketinggaian 1.100 hingga 1.700 meter dengan jarak sejauh 80 kilometer tersebtu, peserta dipastikan
bisa menikmati keindahan Danau Batur yang sangat menawan. Selain itu peserta juga bisa menikmati keindahan Gunung Batur dan Gunung Abang.

"Lokasi lomba memiliki keindahan pemandangan indah yang terletak di dalam satu wilayah geografis yang paling beragam di permukaan bumi," tambahnya Gede Cakra.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra mengapresiasi sport tourism yang digagas Yayasan Atlet Nusantara tadi. Menurutnya, Bali Mountain Bike Marathon bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar Kintamani.

"Ahli vulkanologi asal Belanda, Reinout Willem van Bemmelen menilai kaldera Gunung Batur adalah salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Jadi ide menggelar lomba balap sepeda di sana sangat brilian. Masyarakat bisa merasakan nilai tambah, dan sektor pariwisata di Bali bisa makin maju lagi,” terang Yuniartha Putra. (RO/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More