Rabu 11 Mei 2016, 14:04 WIB

Kompetisi Internasional Musi Triboatton 2016 Resmi Dibuka

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Kompetisi Internasional Musi Triboatton 2016 Resmi Dibuka

Ilustrasi/Antara

KOMPETISI Internasional Musi Triboatton 2016 resmi dibuka untuk etape pertama, yang dimulai dari Empat Lawang, Sulawesi Selatan.

"Event ini untuk menggalakkan potensi pariwisata dan olahraga air di Sumatera Selatan," kata Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Hari Untoro Drajat usai mengibarkan bendera start perlombaan, Rabu (11/5).

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Kameline Sinaga mengatakan ajang yang diselenggarakan setiap tahunnya tersebut memberi banyak dampak positif bagi masyarakat.

"Olahraga air jelajah Sungai Musi ini memberikan dampak promosi daerah yang luar biasa, apalagi setiap tahun, peserta asingnya bertambah," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 17 tim dayung telah siap mengarungi kegiatan sport tourism International Musi Triboatton 2016 yang akan berlangsung pada 11 hingga 15 Mei 2016.

Ajang ini juga mendukung program Pesona Indonesia (Wonderful Indonesia) dalam mencapai target 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara pada 2016.

Lomba yang telah digelar untuk yang kelima kalinya ini akan diikuti peserta dari berbagai negara dan daerah. Tercatat ada 16 tim dayung yang dipastikan ikut ambil bagian di lomba dayung terbuka ini, antara lain Tiongkok, Macau, Filipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Jawa Timur, Jambi, Yonif 133 Padang, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan 1, Sumatera Selatan 2, Jawa Barat, Bangka Belitung, dan DKI Jakarta.

Lomba ini mempertandingkan olahraga dayung (rafting, kano, dan dragonboat). Kompetisi dayung bertaraf internasional ini terbagi menjadi lima etape yang berbeda dengan total jarak yang ditempuh mencapai 523 Km, meliputi daerah Hulu Sungai Musi dan berakhir di Kawasan Jembatan Ampera.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengatakan ajang ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan serta memacu infrastruktur wilayah untuk mempercepat perkembangan
pembangunan ekonomi daerah Sumsel.

"Ini akan menjadi ikon Palembang. Dengan adanya kegiatan ini juga membuat keberadaan sungai Musi tetap terjaga dengan baik," ujar Alex.

Dari ajang ini, pemerintah berharap bukan saja sebagai olahraga, tetapi juga sarana promosi wisata Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Selatan. Sehingga dengan adanya event tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumsel.

Guna memeriahkan agenda ini, panitia lomba juga akan menggelar berbagai acara, di antaranya lomba menggambar, lomba yel Musi Triboatton 2016, lomba kreasi jingle Musi Triboatton 2016, lomba blog, dan lomba video. (Ant/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More