Rabu 11 Mei 2016, 03:45 WIB

Presiden Yakin Indonesia Rebut Piala Thomas

Astri Novaria | Olahraga
Presiden Yakin Indonesia Rebut Piala Thomas

ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

INDONESIA punya sejarah gemilang di dunia bulu tangkis. Itu sebabnya Presiden Joko Widodo berharap para atlet bisa mengembalikan kejayaan tersebut. Pernyataan tersebut dilontarkan Jokowi saat menerima tim bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga pada Piala Thomas dan Uber 2016 di Kunshan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada 15 Mei nanti. "Saya yakin Indonesia bisa mengembalikan kejayaan Indonesia di kancah bulu tangkis dunia. Saya kira kita semua sangat berharap agar betul habis-habisan dalam pertandingan," ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/5). Presiden berpesan untuk selalu menjaga kekompakan dan terus semangat. Ia meyakini tim bulu tangkis Indonesia akan menang. "Feeling saya, kita akan menang," tandas Jokowi. Pada kesempatan yang sama, Ketua PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) Gita Wirjawan juga mendorong agar para pebulu tangkis Indonesia dapat bertanding dengan baik dan bisa memenangi laga.

"Insya Allah dengan doa restu kita semua mereka akan bisa bertanding dengan baik, khususnya tim Thomas yang sudah ditargetkan untuk menang karena langkah-langkah yang sudah kita ambil dan prestasi mereka di babak penyisihan zona Asia," tegas Gita. Dalam sejarah keikutsertaan di Piala Thomas dan Uber, Indonesia memang lebih unggul di ajang Piala Thomas. Dalam ajang tersebut, Indonesia berhasil menang 13 kali, sedangkan Tiongkok sebanyak sembilan kali. Di ajang Piala Uber, Indonesia terrcatat hanya menang tiga kali. Negara yang mendominasi di kelas perempuan itu ialah Tiongkok dengan 13 trofi.

Makin termotivasi
Lebih lanjut kata Gita, Presiden Jokowi berharap tim bulu tangkis Indonesia bisa menang di Thomas Cup dan masuk delapan besar di Uber Cup. "Beliau berpesan agar bisa diajak bermain bulu tangkis di Pelatnas Cipayung setelah kembali dari Tiongkok. Itu akan menjadi bekal bagi pemain yang berangkat besok malam," tandasnya. Kapten tim Thomas Hendra menyebut ia dan tim sangat termotivasi dengan dukungan Jokowi. "Kami di sana akan berjuang habis-habisan," tegas Hendra. Hal senada dikatakan kapten tim Uber Grace. Ia terpacu oleh harapan Presiden yang meminta tim bermain habis-habisan. "Tadi Pak Presiden sempat bilang ke kita untuk tampil habis-habisan. Jadi, ini yang ingin kami canangkan di pikiran kami, kami harus habis-habisan," ungkapnya. Piala Thomas dan Uber akan berlangsung 15-22 Mei 2016. Sebanyak 20 atlet, termasuk dua pebulu tangkis nonpelatnas, tak punya banyak waktu persiapan untuk ajang itu lantaran waktunya yang berdekatan dengan kualifikasi Olimpiade Rio de Janeiro. (R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More