Sirkuit Catalunya Memudahkan Sean Memacu Mobil

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Selasa, 10 Mei 2016, 17:25 WIB Olahraga
Sirkuit Catalunya Memudahkan Sean Memacu Mobil

TOP SKOR

PEMBALAP Indonesia di ajang Grand Prix 2, Sean Gelael makin optimistis bisa meraih poin perdananya di ajang yang berada satu tingkat di bawah Formula 1 (F1) itu. Meski ini menjadi balapan resmi pertamanya di sirkuit sepanjang 4,277 km itu, Sean yang membela tim Pertamina Campos Racing, sudah mengenal karakteristik sirkuit Catalunya.

Sirkuit Catalunya di Barcelona, Spanyol akan menjadi perhelatan pembuka ajang GP2 13-15 Mei. Selama menjalani balapan di Formula 3 Eropa dan Formula Renault 3.5 World Series beberapa tahun terakhir, sirkuit Catalunya tidak masuk dalam kalender seri balapan dalam satu musim kompetisi.

Perkenalan pertama Sean dengan sirkuit yang memiliki 13 tikungan itu ialah saat sesi tes pramusim pertama GP2 9-11 Maret lalu. Kala itu, Sean yang merupakan pembalap binaan tim Jagonya Ayam KFC Indonesia, mampu menjadi pembalap tercepat kesembilan. Selama pramusim, bersama Campos pun Sean rajin menggelar latihan simulator dengan objek sirkuit Catalunya.

"Sebelumnya, saya memang belum pernah tampil pada balapan resmi di sirkuit ini (Catalunya). Namun, saya sudah hafal karakteristiknya setelah menjalani sesi latihan pertama beberapa waktu lalu. Selain itu, di markas tim Campos, hampir setiap hari kami latihan simulator dengan tempat sirkuit Catalunya," kata pembalap berusia 19 tahun itu.

Dengan karakteristik sirkuit yang mempunyai 5 tikungan ke kanan dan 8 tikungan ke kiri, dan trek lurus sepanjang 105 kilometer dan lebar lintasan 12 meter, Sean menambahkan, ada sejumlah titik yang akan memudahkannya untuk bisa mendahului lawan. Ia pun berharap dapat memaksimalkannya saat balapan nanti.

Kesempatan untuk mendapatkan poin pun semakin terbuka, karena dari dua sesi tes pramusim Maret lalu, tim Campos mulai mendapatkan setelan mobil terbaik untuk Sean dan rekan setimnya asal Selandia Baru, Mitch Evans. Keduanya ditargetknan bisa membawa Campos menjadi tim 3 besar musim ini.

"Kalau dari persiapan tim sepertinya semua sudah berjalan dengan bagus. Kita lihat saja balapannya akan seperti apa. Yang pasti saya akan berupaya sebaik mungkin," kata pembalap yang tahun lalu menjalani lima seri balapan GP2 saat berstatus sebagai pembalap Formula Renault 3.5 World Series itu.

Balapan GP2 2016 yang berlangsung sebanyak 11 seri, akan diikuti oleh 24 pembalap dari 12 tim. Empat diantara 24 pembalap merupakan pembalap binaan tim Jagonya Ayam KFC Indonesia, yaitu Sean Gelael, Mitch Evans, Antonio Giovinazzi (Prema Racing), dan Philo Paz Patrick Armand (Trident Racing). (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More