Selasa 03 Mei 2016, 19:30 WIB

Manor Beri Tenggat hingga Akhir Mei, Rio Fokus Balapan

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Manor Beri Tenggat hingga Akhir Mei, Rio Fokus Balapan

AP/Denis Tyrin

KENDATI didera masalah finansial untuk bisa memenuhi kewajiban pembayaran 15 Juta Euro (Rp225 miliar) kepada tim Manor Racing agar bisa membalap semusim penuh di Formula 1 tahun ini, pembalap Indonesia Rio Haryanto tetap fokus pada balapan yang akan dijalani.

Jika gagal membayar kewajibannya tersebut, Rio hanya akan menjalani 10 seri balapan musim ini.

"Dia tahu situasinya sejak awal, tapi dia tetap mempertahankan ketenangannya dan fokus pada balapan yang akan dijalani. Sekaligus terus belajar untuk bisa selalu tampil optimal di F1 musim ini juga mengenai setelan mobil terbaik yang bisa digunakan untuk setiap balapan,” kata Manajer Rio, Piers Hunnisett, melalui pesan singkat dari Barcelona, Spanyol, Selasa (3/5).

Hunnisett mengungkapkan, sejauh ini, pihaknya belum bisa mendapatkan sponsor baru bagi Rio selain PT Pertamina yang sejak awal berkomitmen mensponsori Rio dengan dana 5 juta Euro. Dari total 15 juta Euro yang harus dibayarkannya, pihak Rio baru akan bisa mengumpulkan 8 juta Euro, sehingga masih membutuhkan 7 juta Euro lagi.

Manor sendiri berdasarkan penuturan Hunnisett, memberikan tenggat hingga akhir Mei ini bagi Rio untuk bisa melunasi kewajiban pembayaran tersebut. Jika hanya bisa membalap sebanyak 10-11 seri, posisi Rio kemungkinan besar akan digantikan oleh pembalap asal Amerika Serikat, Alexander Rossi, yang saat ini berstatus sebagai pembalap cadangan tim Manor.

“Mereka (Manor) sebenarnya sangat ingin Rio bisa bertahan hingga akhir musim, tapi realitasnya mereka membutuhkan dana tersebut untuk bisa terus berlomba juga untuk meningkatkan mobilnya selama musim balap tahun ini. Kami pun masih terus bekerja untuk mendapatkan dana yang diperlukan,” ujar Hunnisett.

Manajer pemasaran PT Kiky Sport yang menaungi Rio, Indah Pennywati, mengatakan, pihaknya sudah mencoba mendekati beberapa calon sponsor potensial. Namun, hingga kini belum ada respons positif yang didapatkannya dari sponsor tersebut. Wanita yang juga ibu kandung Rio itu mengaku tetap optimistis anaknya bisa berlaga semusim penuh di F1 tahun ini.

Mengenai performa Rio yang sudah menjalani 4 seri balapan jet darat itu, Indah mengungkapkan, insiden terakhir yang menyebabkan pembalap 23 tahun itu gagal menyelesaikan lomba di Sochi, Rusia, tidak berpengaruh terhadap mental berlomba Rio. "Saya yakin dia tidak terganggu karena untuk bisa menjadi pembalap F1 saja, butuh mental yang kuat," katanya.

Rio akan kembali berlomba pada seri kelima di Barcelona, Spanyol, 15 Mei mendatang. Hunnisett menjelaskan, Sirkuit Catalunya merupakan sirkuit yang membuat degradasi ban berlangsung lebih cepat. "Jadi strategi penggunaan ban dan juga strategi pit stop akan sangat menentukan jalannya balapan di Barcelona nanti," tandas pria asal Inggris itu. (Gnr/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More