Selasa 26 April 2016, 09:27 WIB

Alutsista belum Lengkap TNI-AU Sulit Optimal Jaga Indonesia

Alutsista belum Lengkap TNI-AU Sulit Optimal Jaga Indonesia

Antara/M Agung Rajasa

 

TNI Angkatan Udara mengaku belum optimal dalam menjaga pertahanan dan keamanan Indonesia. Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna menuding minimnya alat utama sistem persenjataan (alutsista) sebagai penyebabnya.

"Jika ditinjau dari aspek keamanan laut, secara jujur saya sampaikan belum bisa dilaksanakan secara optimal. Hal ini disebabkan alutsista yang dimiliki belum dilengkapi dengan peralatan yang mendukung," kata Agus.

Ia mengatakan itu di seminar nasional kedirgantaraan bertajuk Meningkatkan Peran TNI-AU dalam Rangka Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di Klub Eksekutif Persada Purnawira, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kemarin.

"Diperlukan pesawat maritim taktis yang memiliki kemampuan andal, berteknologi tinggi, dapat mendarat di landasan pendek, dan tentu biaya operasionalnya rendah," ujarnya.

Indonesia memiliki 12 pulau kecil terluar yang memerlukan perhatian serius serta 17 ribu lebih pulau dengan letak geografis yang sangat strategis. (Gol/P-5)

Baca Juga

MI/ARYA MANGGALA

NasDem : Penggantian PSN Perlu Pertimbangan Sistem Pertahanan

👤Teguh Nirwahyudi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:54 WIB
KEMENTERIAN Koordinator Perekonomian mengusulkan penggantian Proyek pesawat R80 dan N245 menjadi proyek drone dalam usulan Proyek Strategis...
MI/Susanto

Ketua Komisi I Desak Pemerintah Lindungi WNI di AS

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:33 WIB
Dia meminta perwakilan pemerintah RI di AS untuk menghubungi WNI yang ada di sana secara acak untuk memastikan kondisi keamanan mereka...
MI/Andri Widiyanto

Ada Ganjalan Hukum dan Politis dalam Penunjukkan Dirut Baru TVRI

👤Ihfa Firdausya 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:03 WIB
Komisi I DPR RI menilai keputusan Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI melantik dirut baru meninggalkan beberapa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya