Selasa 26 April 2016, 09:09 WIB

Jokowi Minta Penjelasan Luhut soal Panama Papers

Jokowi Minta Penjelasan Luhut soal Panama Papers

Antara/Yudhi Mahatma

 

SEUSAI memberikan penjelasan kepada publik mengenai keterkaitannya dengan Dokumen Panama (Panama Papers) di kantornya, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan menyambangi Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Ia mengaku kedatangannya ke Istana Negara antara lain untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan rencana kunjungannya ke Tiongkok. "Saya dipanggil tiba-tiba oleh Presiden karena kunjungan saya ke Tiongkok pada hari ini (kemarin)," ujar Luhut di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Luhut menjelaskan kunjungannya ke Tiongkok dalam rangka membicarakan masalah keamanan, seperti Laut China Selatan, terorisme, dan pertahanan siber. Selain itu, ia menjelaskan kepada Presiden perihal namanya yang diberitakan ada di Panama Papers.

Dia tidak merinci bagaimana respons Presiden Jokowi atas penyebutan namanya di Panama Papers. Sambil tersenyum ia menyatakan tidak ada masalah terkait dengan hal itu. "Iya lapor, tidak ada masalah," ujarnya.

Dalam Dokumen Panama, Luhut disebut sebagai direktur sebuah offshore company bernama Mayfair International Ltd yang berbasis di negara bebas pajak, Seychelles. Panama Papers merupakan bocoran dokumen dari firma hukum Mossack Fonseca yang berbasis di Panama. Firma tersebut terkenal memiliki spesialisasi membuat perusahaan cangkang rahasia di kawasan suaka pajak, seperti British Virgin Islands.

Saat konferensi pers di kantornya, Luhut membantah telah mendirikan Mayfair International Ltd. Ia bahkan mengaku tidak tahu bagaimana namanya bisa tercantum sebagai pemilik perusahaan itu.

"Saya enggak tahu. Itu alamat rumah saya saja dibikin salah di situ (akta pendirian). Alamat rumah saya disebut di Mega Kuningan 11. Saya bukan di Mega Kuningan 11. Saya enggak tahu. Tapi saya tidak pernah, tanya staf saya, tidak pernah terima uang, tidak pernah tahu uang," tegasnya.

Ia mengaku, dalam menjalankan bisnis, ia selalu berusaha untuk menaati segala aturan dan tidak pernah punya niatan untuk mengemplang pajak. "Saya tidak pernah terlibat dan tidak tahu Mayfair itu. Saya tidak pernah berkeinginan sedikit pun untuk tidak membayar pajak. Saya salah satu pembayar setia pajak." (Nov/Deo/P-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More