Kamis 07 April 2016, 20:30 WIB

Polda Lampung Periksa 15 Pegawai RS Mitra Husada

Antara | Nusantara
Polda Lampung Periksa 15 Pegawai RS Mitra Husada
 

DIREKTORAT Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Lampung melakukan pemeriksaan terhadap 15 pegawai
Rumah Sakit Mitra Husada terkait kematian tiga pasien di rumah sakit tersebut.

"Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap 15 pegawai RS itu, baik dokter, staf, serta perawat yang bertugas saat kejadian," kata Direskrimsus Polda Lampung Kombes Dicky Patrianegara di Pringsewu, Kamis (7/4).

Menurut dia, pemeriksaan yang dilakukan sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.
Terkait informasi awal peristiwa meninggal tiga pasien di RS Mitra Husada, Dicky menyebutkan pihaknya mendapatkan informasi dari broadcast serta media sosial mengenai masalah tersebut dan langsung menerjunkan tim untuk mengetahui kebenarannya.

"Polisi akan tanggap terhadap kejadian tersebut, tapi tidak serta merta melakukan penetapan penyebab kematian ketiga pasien itu," kata dia lagi.

Ia mengatakan, pada saat kejadian ada lima orang pasien yang ditangani oleh pihak RS untuk mendapatkan tindakan operasi. "Semua dilakukan bius lokal, tapi tiga dari lima orang ini meninggal, sedangkan dua lainnya sehat-sehat saja hingga sekarang," katanya pula.

Dicky menambahkan, kejadian itu masih diselidiki apakah memang ada kesalahan prosedur saat penanganan atau bagaimana. "Kami belum berani menyebutkan dugaan penyebab meninggal tiga pasien itu. Yang jelas, kami masih mengumpulkan keterangan dan data yang diperlukan," tambahnya.

Selanjutnya kepolisian akan melakukan pengembangan lebih mendalam serta bekerja sama dengan Balai POM serta pihak terkait lainnya, untuk mempercepat mengungkap penyebab meninggal ketiga pasien itu, apakah nanti ada temuan unsur pidananya atau tidak."Bisa dimungkinkan hanya pelanggaran kode etik saja," ujarnya.

Direskrimsus Polda Lampung itu menambahkan berdasarkan informasi, pada Senin (4/4) di RS Mitra Husada Pringsewu terdapat tujuh pasien yang berobat dan melakukan operasi, kemudian lima pasien dibius lokal dan dua pasien bius total. (Ant/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More