Kamis 07 April 2016, 16:43 WIB

Kopi Temanggung Tembus Pasar Amerika

Tosiani | Nusantara
Kopi Temanggung Tembus Pasar Amerika

ANTARA/Anis Efizudin

 

PRODUK kopi Temanggung, Jawa Tengah akan dipamerkan dalam acara Speciality Coffee Association of America (SCAA) pada 14-17 April 2016, di Atlanta, Georgia.

SCAA merupakan ajang paling bergensi di mana setiap produsen kopi dapat mempromosikan produk kopi dari masing-masing negara. SCAA telah melakukan seleksi kopi yang terbaik untuk dipromosikan sehingga harus ada syarat yang memenuhi kualifikasi SCAA.

Sebelumnya, kopi Temanggung masuk dalam delapan besar pada festival kopi di Swedia dan menang dalam ajang kopi cita rasa nuasantara di Jakarta.

"Kami akan menampilkan kopi arabica dan robusta yang menjadi salah satu komoditas unggulan Temanggung," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti, Kamis (7/4).

Menurut Ronny, pihaknya akan mengisi stan yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan RI bersama kopi Aceh. "Pada SCAA kami juga akan membawa kopi tradisional yang tidak diproses dengan mesin. Setelah ini diharapkan kopi Temanggung lebih dikenal di dunia sehingga pendapatan petani meningkat dan sejahtera," kata Ronny.

Dikatakan, pengolahan kopi di Temanggung diproses melalui dua metode, yakni pengolahan basah dan kering untuk hasil yang terbaik. Selama ini, kopi Temanggung sebenarnya sudah diekspor melalui ekportir dari luar Temanggung. (OL-2)

Baca Juga

MI/Arnolduis Dhae

Bali dan Banyuwangi Sepakat Perketat Keluar Masuk Warga

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:58 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra memastikan penduduk pendatang yang berpotensi masuk ke Bali di masa-masa arus balik...
MI/Rendy Ferdiansyah

28 Pasien Covid-19 di Babel Dinyatakan Sembuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:34 WIB
Hingga H+3 hari raya Idul Fitri atau Selasa (26/5), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Babel sebanyak 39 orang tersebar di 5...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Ganjar Perintahkan Kepala Daerah Tutup Semua Pasar

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:28 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku kecolongan dengan banyaknya kasus covid-19 ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya