Kamis 07 April 2016, 16:43 WIB

Kopi Temanggung Tembus Pasar Amerika

Tosiani | Nusantara
Kopi Temanggung Tembus Pasar Amerika

ANTARA/Anis Efizudin

 

PRODUK kopi Temanggung, Jawa Tengah akan dipamerkan dalam acara Speciality Coffee Association of America (SCAA) pada 14-17 April 2016, di Atlanta, Georgia.

SCAA merupakan ajang paling bergensi di mana setiap produsen kopi dapat mempromosikan produk kopi dari masing-masing negara. SCAA telah melakukan seleksi kopi yang terbaik untuk dipromosikan sehingga harus ada syarat yang memenuhi kualifikasi SCAA.

Sebelumnya, kopi Temanggung masuk dalam delapan besar pada festival kopi di Swedia dan menang dalam ajang kopi cita rasa nuasantara di Jakarta.

"Kami akan menampilkan kopi arabica dan robusta yang menjadi salah satu komoditas unggulan Temanggung," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti, Kamis (7/4).

Menurut Ronny, pihaknya akan mengisi stan yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan RI bersama kopi Aceh. "Pada SCAA kami juga akan membawa kopi tradisional yang tidak diproses dengan mesin. Setelah ini diharapkan kopi Temanggung lebih dikenal di dunia sehingga pendapatan petani meningkat dan sejahtera," kata Ronny.

Dikatakan, pengolahan kopi di Temanggung diproses melalui dua metode, yakni pengolahan basah dan kering untuk hasil yang terbaik. Selama ini, kopi Temanggung sebenarnya sudah diekspor melalui ekportir dari luar Temanggung. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More