Jumat 01 April 2016, 19:38 WIB

Polda Intensifkan Pengamanan Bobotoh untuk Final Piala Bhayangkara

Arief Pratama | Nusantara
Polda Intensifkan Pengamanan Bobotoh untuk Final Piala Bhayangkara

ANTARA FOTO/Novrian Arbi

 

BIG match final Piala Bhayangkara 2016 akan mempertemukan Persib Bandung dan Arema Cronus Malang. Laga itu dipastikan akan dipenuhi dua suporter fanatik dari dua kesebelasan yang akan berlangsung Minggu (3/4) nanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Polda Jawa Barat melakukan langkah pengamanan dalam mengawal jalur kedatangan suporter Arema yang dikenal dengan sebutan Aremania.

Kapolda Jabar Irjen Pol Jodie Rooseto, seusai apel kesiapan pengamanan Piala Bhayangkara di Mapolda Jabar, Jumat (1/4), mengatakan untuk pergeseran dalam pengamanan jajaran petugas dari Banjar dan Brimob Garut digeser ke Cawang dan Cikarang.

"Sedangkan untuk jumlah pasukan ada penambahan. Jumlahnya sekarang mencapai 6 ribu lebih. Dengan sistem pengawalan pada titik titik rute," ujar Jodie.

Untuk pengamanan jalur kedatangan Arema melalui rute Jabar pun sudah disiagakan. "Jalur pantura sudah siap. Pagar betis, tirai, demikian juga jalur Cipali. Dengan harapan, saudara di Cirebon, Subang, Karawang, bisa menyambut saudara-saudara dari Malang," tambahnya.

Kapolda berharap, tindakan semena-mena yang mengarah kepada aksi anarkistis agar dihilangkan. "Mereka tujuannya bertanding, bukan untuk mengajak hal-hal yang lain. Mereka juga ditunggu oleh isti dan anak anak-anak mereka," tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mengimbau agar suporter Persib Bandung dan Arema Cronus untuk tetap damai dan tidak terprovokasi, baik pada saat perjalanan menjelang pertandingan, saat pertandingan di stadion, maupun ketika mereka kembali seusai pertandingan.

"Tentu, harus ada pengamanan ketat pada saat bersamaan masyarakat khususnya kedua suporter baik Persib dan Arema, betul-betul harus tertib, disiplin, kita sesama anak bangsa tidak boleh membuat keributan," kata Aher di Gedung Negara Pakuan Bandung.

Gubernur pun percaya pihak kepolisian akan mengerahkan upaya optimal untuk menjaga ketertiban laga final Piala Bhayangkara 2016 tersebut. Lebih lanjut ia berpesan kepada suporter Persib Bandung agar menjaga ketertiban saat suporter Arema Cronus melintasi wilayah Jabar.

"Sebagai warga Jawa Barat, warga Bandung tentunya ingin dan berharap Persib jadi juara Piala Bhayangkara," lanjut Aher.

Ia mengatakan jika tidak ada halangan dirinya akan menyaksikan langsung laga final tersebut. (AM/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More