Jumat 01 April 2016, 19:15 WIB

Suporter Arema akan Dikawal Polisi Sampai ke Jakarta

Antara | Nusantara
Suporter Arema akan Dikawal Polisi Sampai ke Jakarta

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

 

APARAT kepolisian bakal mengawal ribuan Aremania (suporter Arema) yang akan menyaksikan langsung pertandingan final Piala Bhayangkara antara Arema Cronus Indonesia Malang dan Persib Bandung hingga ke Jakarta.

Karo Ops Polda Jawa Timur Kombes Pol Arif Pranoto, di Malang, Jumat (1/4), mengemukakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi kepolisian yang ada untuk mengamankan Aremania sampai di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

"Perusahaan bus banyak yang pesimistis karena takut bus mereka rusak, karena itu kami dari kepolisian akan mengawal Aremania hingga Jakarta dan menjamin bus akan aman serta selamat," katanya seusai berkoordinasi dengan Kapolres Kota Malang AKBP Decky Hendarsono, Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata, Panpel Arema, serta perwakilan Korwil Aremania di Polres Kota Malang.

Ia mengatakan formasi bus sudah dirancang dengan posisi aman dan nyamam oleh Mabes Polri, dengan menandai beberapa titik yang dianggap rawan terjadi bentrok antarsuporter. "Aremania juga sudah berkoordinasi terkait titik mana saja yang masuk kategori rawan, karena itu kepolisian akan selalu 'up date' dimana posisi bus, sehingga kami bisa melakukan penjagaan," ujarnya.

Semenatra itu, Media Officer Arema Sudarmaji menjelaskan Aremania di Malang raya memiliki kuota 5 ribu tiket. Sedangkan kuota untuk Aremania secara keseluruhan sekitar 29 ribu. Tiket itu tidak boleh balik, jika Aremania tidak sanggup, pasti diambil suporter lainnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk memenuhi kuota di Malang raya, pihaknya meminta bantuan kepada Pemkot Malang, Pemkot Batu, dan Pemkab Malang, untuk menyediakan bus bagi Aremania yang akan berangkat memberikan dukungan kepada tim Singo Edan.

Senada dengan Sudarmaji, Aremania asal Klayatan, Ahmad Ghazali mengatakan saat ini suporter sedang dalam krisis dan meminta bantuan Pemda di Malang raya agar memberikan bantuan fasilitas kendaraan (bus) untuk mendukung tim saat bertanding di final Piala Bhayangkara lawan Persib Bandung.

Menurut dia, kepedulian itu bisa dalam bentuk apapun, namun yang paling dibutuhkan saat ini adalah bus gratis. "Ini juga momen emas Kota Malang, kalau menang pasti jadi kado istimewa bagi Kota Malang yang sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-102," kata Ahmad Ghazali yang juga Humas Tur Aremania itu.

Wali Kota Malang Moch Anton yang 'ditodong' langsung dalam pertemuan dengan Kapolres Kota Malang, perwakilan Aremania, Media Officer Arema, dan pimpinan d'Kross Community, Ade Herawanto di Balai Kota Malang itu langgung menyanggupi untuk membantu menyediakan bus gratis sebanyak 10 unit.

"Saya bantu 10 unit bus untuk Aremania. Saya juga akan datang ke Stadion GBK untuk menyaksikan langsung pertandingan itu, bahkan saya sudah janjian sama Pak Wali Kota Bandung Ridwan Kamil," ucapnya.

Keberangkatan Aremania ke Jakarta yag menggunakan moda transportasi bus tersebut, karena pihak kepolisian tidak merekomendasikan suporter menggunakan kereta api. Selain itu, kepolisian juga akan mengawal mulai dari keberangkatan di Malang hingga Jakarta. (Ant/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More