Paket Kebijakan Ekonomi XI Diumumkan Besok

Penulis: Farah Gita Pada: Senin, 28 Mar 2016, 18:26 WIB Ekonomi
Paket Kebijakan Ekonomi XI Diumumkan Besok

MI/Panca Syurkani

MENTERI Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyatakan pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi ke-XI. Hal itu ia sampaikan setelah bertemu Presiden Joko Widodo.

"Besok adalah pengumuman paket kebijakan ke-XI. Ada beberapa (kebijakan). Saya lihat dulu, lima kebanyakan atau tidak," kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (28/3).

Sayangnya, Darmin tak mau terlalu banyak membocorkan lima poin paket kebijakan ekonomi ke-XI. Namun, deregulasi akan menjadi salah satu dari lima paket yang akan diumumkan besok.

"Ada yang menyangkut dwelling time juga, tapi yang menyangkut prosedur, bukan urusan pelabuhannya," tambah Darmin.

Urusan prosedurnya yang dimaksud adalah menyatukan pandangan soal jalur hijau atau merah pada setidaknya 18 kementerian terkait. Darmin menjelaskan, ke luar masuk barang bisa dilakukan dengan cepat apabila melalui jalur hijau.

Namun, yang biasa terjadi, sepuluh kementerian mengatakan jalur hijau sementara delapan lainnya menyatakan jalur merah. Jangankan sepuluh dan delapan, pokoknya kalau ada yang bilang merah, tidak jadi hijau juga," jelas dia.

Darmin memandang perlu penyatuan standar agar tak ada dua jalur yang digunakan. Pemerintah akan membentuk Indonesia Single Risk Management sehingga setiap jenis barang ke luar maupun masuk tak dilepas masing-masing.

"Harusa sama-sama, ini hijau atau merah. Itu akan merubah dwelling time," tambah dia.

Menurut Darmin, Jokowi telah menyetuji lima paket yang ia laporkan. "Beliau bilang bagus, umumkan saja besok," ucap Darmin.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More