Dana Hibah ke Daerah Mitra Cair Tahun Depan

Penulis: Putri Anisa Yuliani Pada: Senin, 28 Mar 2016, 17:21 WIB Ekonomi
Dana Hibah ke Daerah Mitra Cair Tahun Depan

ANTARA/WIDODO S JUSUF

KEPALA Biro Pemerintahan DKI Jakarta, Bayu Megantara memastikan dana hibah yang diajukan daerah mitra tahun ini akan cari pada APBD tahun depan. Total dana hibah yang diajukan oleh Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Tangerang, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Cianjur (Bodetabekjur) totalnya mencapai Rp4, 84 triliun.

Saat ini, Bayu mengatakan pihaknya bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis sedang dalam proses memverifikasi poin yang diusulkan dalam proposal dana hibah tersebut.

Proses verifikasi ini penting karena dana hibah yang diberikan kepada daerah mitra meskipun sesuai kebutuhan daerah masing-masing juga harus berkolerasi dengan empat unsur yang menjadi prioritas pembangunan DKI.

"Kita bahas dengan tim karena program yang diusulkan itu harus berkaitan dengan transportasi misalnya mengurangi kemacetan, pengurangan polusi, pengendalian banjir dan penanganan sampah. Itu sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) DKI," kata Bayu ketika dihubungi Media Indonesia, Senin (28/3).

Bayu melanjutkan, jika dalam proses verifikasi ada program yang tidak berkorelasi langsublng dengan program DKI, maka akan dihapus. Ditargetkan, verifikasi pengajuan dana hibah APBD 2017 akan selesai pada bulan Mei.

Sementara tahun lalu, seluruh daerah Bodetabekjur mendapat dana hibah kecuali Kota Depok karena tidak mengajukan proposal.

Delapan daerah total mengajukan dana sebesar Rp515,27 miliar dengan dana hibah terbesar diajukan oleh Pemkot Tangerang sebesar Rp100 miliar dan terendah diajukan oleh Pemkab Cianjur sebesar Rp9,4 miliar.

"Tahun lalu hampir semua dapat kok. Itu juga sudah diajukan sejak setahun sebelumnya," ujar Bayu.

Bayu menuturkan ada beberapa daerah mitra yang juga mengajukan dana hibah akhir tahun lalu dan rencananya akan cair pada APBD Perubahan tahun ini.

"Saya kurang hafal mana saja tetapi yang pasti Kota Bekasi minta Rp400 miliar dan hari ini baru saja Pemkot Tangerang mengajukan lagi Rp300 miliar untuk perbaikan jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta. Masih kita kaji," imbuhnya.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More