Kementerian ESDM Dorong Penerimaan Pajak

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Senin, 28 Mar 2016, 13:08 WIB Ekonomi
Kementerian ESDM Dorong Penerimaan Pajak

ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna

DIREKTORAT Jenderal Pajak Kementerian Keuangan terus mendorong masyarakat yang merupakan wajib pajak (WP) untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (PPh) melalui fasilitas e-filing.

Dukungan penguatan capaian penerimaan perpajakan dalam APBN 2016 Rp1.546,7 triliun, turut digencarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Hari ini, kita ingin meyakinkan seluruh tim di Kementerian ESDM penuhi kewajiban seperti tahunan pajak pribadi. Sejak beberapa tahun lalu, Dirjen Pajak implementasikan e-filing yang merupakan bagian dari penguatan sistem perpajakan kita,” ucap Menteri ESDM Sudirman Said saat melakukan asistensi pengisian pajak daring di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan KESDM, Senin (28/3).

Apalagi mengacu pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015, kata dia, sudah tertera dengan jelas adanya kewajiban penyampaian SPT PPh pribadi oleh aparatur sipil negara, TNI dan Polri melalui e-filing.

Sudirman memastikan seluruh pegawai di lingkungan Kementerian ESDM mengikuti ketentuan tersebut. Menurutnya, dengan menjadi wajib pajak yang taat, akan berkontribusi untuk memperkuat penerimaan negara.

“Dengan pajak, keuangan negara kita akan kuat. Kalau keuangan kita kuat, kita bisa penuhi semua atau sebagian besar kebutuhan dari masyarakat dan akan ada multiplier untuk pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Direktorat Jenderal Pajak Mekar Satria Utama mengapresiasi langkah yang digencarkan jajaran Kementerian ESDM.

Masyarakat dikatakannya masih memiliki kesempatan untuk menyelesaikan kewajiban pengisian pajak tahunan melalui e-filing sampai 31 Maret 2016.

Kementerian Keuangan menargetkan 7 juta wajib pajak (WP) yang melapor melalui sistem e-filing, sedangkan per Jumat (25/3) sudah tercapai 3,6 juta WP.

“Harapan kita sampai akhir Maret itu mencapai 4-4,5 juta WP. Sisanya bisa dicapai sampai akhir 2016 dengan ekstra effort, itu yang khusus e-filing ya. Kita memang belum hitung berapa kontribusi penerimaan pajak dari e-filing, cuma yang pasti dari pelaporan bisa mendorong 80-90% dari penerimaan,” urai Mekar.

Pihaknya optimistis target akan tercapai. Pasalnya pada 2015 lalu, capaian WP dari pelaporan e-filing melebihi target 2 juta WP, yakni mencapai 2,6 juta WP. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More