Senin 28 Maret 2016, 11:27 WIB

Polisi Tetapkan 17 Tersangka Pembakaran Rutan Melabero

Basuki Eka Purnama | Nusantara
Polisi Tetapkan 17 Tersangka Pembakaran Rutan Melabero

ANTARA FOTO/David Muharmansyah

 

KEPOLISIAN Daerah Bengkulu telah menetapkan 17 tersangka pembakaran dan kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Melabero Kota Bengkulu.

Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu Brigjen Pol M Ghufron, Senin (28/3), mengatakan 17 tersangka tersebut memiliki peran masing-masing dalam tindak pembakaran rutan.

"Ada tiga kelompok dalam tindak kerusuhan dan pembakaran ini," kata dia.

Kelompok pertama yakni pelaku yang diduga melakukan pembakaran Rutan Malabero, dua orang yang yang diduga melakukan pembakaran tersebut barinisial N dan M.

"Nanti arahnya mereka melanggar pasal 187 KUHP, kalau mengakibatkan kematian bisa disangkakan pasal 187 ayat 2," katanya.

Kelompok kedua kata Kapolda Bengkulu, yakni kelompok yang melakukan perusakan kamar tahanan dan juga melakukan provokasi agar yang lain untuk ikut merusak rutan.

Empat belas tersangka kelompok kedua tersebut disangkakan melanggar pasal 170 KUHP dengan ancaman kurungan lima tahun penjara.

"Satu orang yakni kelompok ketiga, dia provokator, yang teriak-teriak bakar, menyuruh yang lainnya melakukan perusakan, tersangka ini berinisial EK," kata Ghufron.

Tersangka EK disangkakan melanggar pasal 160 KUHP. Menurut Ghufron, tidak menutup kemungkinan adanya tersangka lain dalam tindak pembakaran Rutan Malabero Bengkulu.

Kebakaran yang menghanguskan seluruh ruang tahanan di Rutan Malabero yang berlokasi di Kelurahan Sumur Meleleh, Kota Bengkulu itu terjadi pada Jumat (25/3) sekitar pukul 21.30 WIB. (Ant/OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Sidoarjo akan Gunakan Mal Pelayanan Publik untuk Tempat Isolasi

👤Heri Susetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:57 WIB
"Kita akan gunakan lantai atas MPP untuk tempat isolasi dan perawatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf...
Ilustrasi

Pelaku Penyerangan Polsek, Diduga Simpatisan ISIS

👤Yona Hukmana 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:55 WIB
Pelaku penyerangan Polsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (1/6), yang menewaskan satu anggota polisi itu, diduga...
MI/Andri Widiyanto

Disiplin Protokol Kesehatan, Muba Siap Jalani New Normal

👤Dwi Apriani 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:39 WIB
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel) menyatakan kesiapannya untuk menjalani new normal. Meski bukan masuk kategori...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya