Minggu 24 Mei 2015, 00:00 WIB

Proyek Indonesia 1 Pikat Investasi Asing

Administrator | Ekonomi
Proyek Indonesia 1 Pikat Investasi Asing

MI/PANCA SYURKANI

 
PRESIDEN Joko Widodo kemarin meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan gedung menara kembar Indonesia 1 di kawasan strategis Thamrin, Jakarta Pusat. Proyek berkonsep green building yang dibangun PT China Sonangol Media Investment (CSMI) itu menelan investasi sekitar Rp8 triliun.

"Saya datang ingin menunjukkan investasi akan jalan dan mengalir terus. Jadi, kalau ada yang mengatakan investasi tidak tumbuh, keliru besar," ucapnya saat membuka acara yang juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara.

Presiden mengapresiasi pembangunan gedung yang merupakan proyek kolaborasi PT China Sonangol Land dan Media Group itu. Kemitraan tersebut ia nilai memperlihatkan kondisi bisnis properti nasional kondusif.

"Saya sangat menghargai Bapak Surya Paloh yang bekerja sama dengan China Sonangol menghadirkan investasi sangat besar dan diharapkan dapat memicu investor untuk berbondong-bondong masuk ke negara kita."

Chairman Media Group Surya Paloh berharap konsep green building yang diusung Indonesia 1 akan diikuti para pengembang lain di masa depan. Dengan tinggi 303 meter, sebutnya, Indonesia 1 sejauh ini akan menjelma pencakar langit tertinggi di Tanah Air. "Kecuali nanti ada yang bangun lebih tinggi, ya," selorohnya.

Direktur PT CSMI Lestari Moerdijat menambahkan Indonesia 1 telah mengan­tongi sertifikat Greenmark Platinum Grade A untuk kelas bangunan berskala internasional. "Kita terapkan sistem daur ulang untuk operasi gedung. Penggunaan energi juga seminimal mungkin."

Rencananya, pembangunan Indonesia 1 akan berlangsung 30 bulan. Namun, CSMI belum menunjuk kontraktor karena masih menyelesaikan proses administrasi. "Harapannya kontraktor Indonesia," ucap Lestari.

Ia yakin Indonesia 1 akan jadi primadona di antara pencakar langit Ibu Kota. "Ada fasilitas perkantoran, restoran, ritel, dan residensial dengan servis unggulan. Tentu akan diburu." (Wib/Tes/E-2)


Baca Juga

Dok. Kementan

Stok Kebutuhan Pokok Aman Kementan Awasi Distribusi

👤Media Indonesia 🕔Senin 06 April 2020, 09:30 WIB
KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) memastikan sebelas bahan pokok untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran 2020 dalam kondisi aman dan...
MI/Bary Fathahilah

AXA Mandiri Beri Tanggungan Tenaga Medis Hingga Rp 1 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 06 April 2020, 09:26 WIB
Mengingat, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam...
Antara/Sigid Kurniawan

Mandiri Berencana Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun

👤M Ilham Ramadhan 🕔Senin 06 April 2020, 09:10 WIB
Perseroan telah menunjuk 5 perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Danareksa Sekuritas, BCA Sekuritas, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya