The Independent Akhiri Edisi Cetak

Penulis: MI Pada: Minggu, 27 Mar 2016, 07:01 WIB Internasional
The Independent Akhiri Edisi Cetak

AFP/LEON NEAL

SABTU, 26 Maret 2016 menjadi hari terakhir surat kabar The Independent hadir dalam format cetak. Surat kabar yang terbit sejak 30 tahun lalu di Inggris itu akan beralih sepenuhnya ke penerbitan digital.

Di edisi terakhir The Independent, tulisan 'STOP PRESS' dengan warna merah dan latar belakang putih menghiasi depannya. Tulisan itu diikuti tulisan lainnya, 'Baca seluruhnya di (edisi) ini, edisi cetak terakhir kami - 1986-2016'.

Dalam editorialnya yang terakhir hadir dengan versi cetak, The Independent mengatakan sejarah akan menjadi hakim atas transisi yang berani ke media daring ini sekaligus sebagai contoh untuk surat kabar lain di seluruh dunia untuk mengikuti langkah yang sama.

"Hari ini kami telah berhenti. Tinta-tinta sudah kering dan kertas sudah lenyap. Namun, setelah satu bab ini kami tutup, yang lainnya sedang terbuka dan yang penting ialah semangat The Independent akan tetap berkembang," demikian pernyataan editorial The Indie, julukan surat kabar itu.

Edisi cetak terakhir juga memuat laporan eksklusif rencana pembunuhan terhadap mantan raja Arab Saudi.

Pemilik The Independent, Evgeny Lebedev, mengumumkan penutupan edisi cetak pada bulan lalu. Ia menulis bahwa jurnalisme telah berubah dan koran harus juga berubah.

The Independent awalnya didirikan tiga mantan wartawan pada 1986. Surat kabar itu menjadi terkenal karena tampilan depannya yang menarik perhatian dengan titik berat pada penempatan foto-foto.

Pada puncak popularitasnya, The Independent memiliki oplah lebih dari 420 ribu sampai pada kondisi terakhir hanya tersisa 40 ribu.

"Surat kabar besar yang telah bertahan selama berabad-abad menemukan model bisnis mereka yang menantang yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya. Jadi, tidak ada yang akan merayakan akhir dari koran cetak The Independent ini," bunyi editorial surat kabar Inggris lainnya The Guardian untuk menanggapi penghentian cetak itu.

The Independent menjadi harian nasional pertama di Inggris yang ditutup sejak penutupan surat kabar Today pada 1995. (AFP/Ths/I-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More