Minggu 01 November 2020, 03:25 WIB

Muhammad Iqbal Qudus: Impersonator Penyanyi Indonesia

Bagus Pradana | Weekend
Muhammad Iqbal Qudus: Impersonator Penyanyi Indonesia

MI/USMAN ISKANDAR
Muhammad Iqbal Qudus

SOSOK Muhammad Iqbal Qudus, 29, sempat viral setelah meniru karakter suara penyanyi-penyanyi Indonesia. Videonya ditonton oleh sekitar 38 ribu orang.

Pria yang lebih dikenal dengan nama Mas Melow (@melowmask) ini ialah seorang Youtuber yang memiliki bakat menirukan banyak suara penyanyi Indonesia atau yang sering disebut impersonator (peniru suara).

Bakat unik Iqbal ini telah terlihat sejak dia duduk di bangku SMA. Ia sempat membentuk sebuah band beraliran pop alternatif yang intens mengover berbagai lagu dalam dan luar negeri.

Pada 2018 awal, saat platform Youtube mulai booming, Iqbal pun mulai membangun kanal Youtube-nya sendiri dan mengisinya dengan beragam konten kover musik. Tak disangka ternyata konten-konten yang ia unggah mendapat respons bagus dari warganet. Banyak yang tertarik dengan kemampuan unik Iqbal ketika menirukan cengkok hingga karakter seorang artis saat bernyanyi.

“Awalnya, pas saya tiru suara-suara penyanyi itu, saya pakai topeng badut (karena saya belum percaya diri). Ya, syukur banyak respons positif. Nah, menariknya saya awal-awal itu kover lagu-lagu kartun lalu belakangan baru berani kover lagu-lagu Indonesia. Pertama ialah lagu Ebiet G. Ade. Ya, karena saya ngefans dengan dia,” ujar Youtuber yang sering tampil dengan penutup muka tersebut saat menjadi narasumber dalam Kick Andy, Minggu (1/11).

Iqbal mengaku di awal-awal debutnya sebagai Youtuber sempat bingung untuk mengemas konten yang ia buat. Awalnya ia mengover lagu-lagu yang menjadi original soundtrack dari film-film yang dikenal oleh generasi 90-an hingga perlahan subscriber mulai berdatangan ke kanal Youtubenya.

Di awal 2019 ia pun mulai memberanikan diri untuk mengeksplorasi kemampuan vokalnya dalam hal meniru (impersonate) karakter suara penyanyi-penyayi Indonesia ketika membawakan lagu andalannya.

Persis 6 bulan yang lalu, Iqbal mengunggah sebuah video dengan judul Menirukan Suara 100 Penyanyi Indonesia (live) pada kanal Youtubenya (@Melowmask). Dalam unggahan tersebut Iqbal memperagakan kemampuan uniknya meniru karakter suara penyanyi-penyanyi Indonesia mulai Ebiet G Ade, Arman Maulana, Anang, hingga Ariel Noah berkolaborasi dengan dari Youtuber James Adam.

“Kalau tantangannya, pertama harus bisa pemanasan suara dengan cepat, kedua mengingat karakter suaranya, terakhir mengingat-ingat gerak mulut dan ekspresi penyanyinya ketika sedang bernyanyi untuk yang ini biasanya saya cari videonya dulu,” terang Iqbal. (Bus/M-4)

Baca Juga

Dok Jacoweek

Jakarta Coffee Week 2020 Siap Digelar Daring

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 24 November 2020, 23:15 WIB
Diadakan sejak tahun 2016, di tahun ke-limanya kali ini Jacoweek dilakukan secara online...
Dok Lazada

Gandeng Lima Desainer Lazada Meriahkan Jakarta Fashion Week

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:03 WIB
Kelima desainer muda itu 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning...
Instagram Galeri Nasional

Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 19:15 WIB
Pameran berlangsung sampai besok, namun slot tiket mengunjungi pameran telah habis direservasi sejak jauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya