Minggu 01 November 2020, 01:00 WIB

Kalsium Pengaruhi Memori Venus

MI | Weekend
Kalsium Pengaruhi Memori Venus

Chris Mattsion

VENUS flytrap (Dionaea muscipula) memiliki memori jangka pendek, yaitu sekitar 30 detik. Jika serangga mengetuk rambut sensitif tanaman hanya sekali, jebakan akan tetap diam. Namun, jika serangga mengetuk lagi dalam waktu sekitar setengah menit atau 30 detik kemudian, daun tanaman karnivora itu akan menutup dan menjerat mangsanya. Sebuah hasil penelitian terbaru mengungkapkan tanaman tersebut melakukannya dengan menggunakan kalsium yang terkandung pada daunnya.

Peneliti biologi, Mitsuyasu Hasebe, dari Okazaki, Jepang, menjelaskan dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalsium berperan dalam proses ini, tetapi dengan bantuan rekayasa genetika, Hasebe dan rekannya dapat benar-benar melihat kalsium bekerja.

Para peneliti menambahkan, gen ke perangkap lalat Venus yang menghasilkan protein yang bersinar hijau saat terpapar kalsium. Saat tim mengetuk salah satu rambut sensorik perangkap, pangkal rambut itu bersinar, dan kemudian cahaya menyebar ke seluruh daun. Ketika para peneliti menyentuh rambut untuk kedua kalinya, dalam waktu sekitar 30 detik, daun jebakan menyala lebih terang dari sebelumnya, dan tanaman dengan cepat menutup.

Ini menunjukkan ingatan jangka pendek penangkap lalat ialah bertambahnya dan berkurangnya kalsium di dalam sel daun. Setiap kali rambut sensorik dipicu, itu menandakan pelepasan kalsium. Ketika konsentrasi kalsium mencapai tingkat tertentu, yang dicapai pada detik itu sehingga konsentrasi kalsium melonjak lebih cepat, jebakan menutup. (Sciencenews/*/L-2)

 

Baca Juga

Dok Jacoweek

Jakarta Coffee Week 2020 Siap Digelar Daring

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 24 November 2020, 23:15 WIB
Diadakan sejak tahun 2016, di tahun ke-limanya kali ini Jacoweek dilakukan secara online...
Dok Lazada

Gandeng Lima Desainer Lazada Meriahkan Jakarta Fashion Week

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:03 WIB
Kelima desainer muda itu 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning...
Instagram Galeri Nasional

Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 19:15 WIB
Pameran berlangsung sampai besok, namun slot tiket mengunjungi pameran telah habis direservasi sejak jauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya