Minggu 01 November 2020, 00:45 WIB

NASA Pastikan Ada Air di Bulan

MI | Weekend
NASA Pastikan Ada Air di Bulan

Taffpixture

OBSERVATORIUM Stratosfer NASA untuk Astronomi Inframerah (SOFIA) mengonfirmasi, untuk pertama kalinya, terdapatnya air di permukaan bulan. Penemuan ini menunjukkan air dapat didistribusikan ke seluruh permukaan bulan dan tidak terbatas pada tempat-tempat yang dingin dan berbayang.

SOFIA mendeteksi molekul air (H2O) di Kawah Clavius, salah satu kawah terbesar yang terlihat dari Bumi, yang terletak di belahan selatan bulan. Pengamatan sebelumnya terhadap permukaan bulan mendeteksi beberapa bentuk hidrogen, tetapi tidak dapat membedakan antara air dan kerabat dekatnya, hidroksil (OH). Data dari lokasi ini mengungkapkan air dalam konsentrasi 100 hingga 412 bagian per juta (setara dengan sebotol air 12 ons) terperangkap dalam 1 meter kubik tanah yang tersebar di permukaan bulan. Meski jumlahnya sedikit, penemuan ini menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana air dibuat dan bagaimana ia bertahan di permukaan bulan yang keras dan tidak berudara.

Hasil yang didapat SOFIA dibangun berdasarkan penelitian bertahun-tahun sebelumnya yang meneliti keberadaan air di bulan. Ketika astronaut Apollo pertama kali kembali dari bulan pada 1969, bulan dianggap benar-benar kering.

Kali ini SOFIA menawarkan cara baru untuk melihat bulan. Terbang di ketinggian hingga 45 ribu kaki, pesawat jet Boeing 747SP yang dimodifi kasi ini dengan teleskop berdiameter 106 inci mencapai di atas 99% uap air di atmosfer bumi untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas tentang alam semesta inframerah. Dengan menggunakan Faint Object Infrared Camera for the SOFIA Telescope (FORCAST), SOFIA dapat mengambil panjang gelombang spesifi k yang unik untuk molekul air, pada 6,1 mikron, dan menemukan konsentrasi yang relatif mengejutkan di Kawah Clavius yang cerah itu. (Sciencedaily/nytimes/*/L-2)

Baca Juga

Dok Jacoweek

Jakarta Coffee Week 2020 Siap Digelar Daring

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 24 November 2020, 23:15 WIB
Diadakan sejak tahun 2016, di tahun ke-limanya kali ini Jacoweek dilakukan secara online...
Dok Lazada

Gandeng Lima Desainer Lazada Meriahkan Jakarta Fashion Week

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:03 WIB
Kelima desainer muda itu 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning...
Instagram Galeri Nasional

Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 19:15 WIB
Pameran berlangsung sampai besok, namun slot tiket mengunjungi pameran telah habis direservasi sejak jauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya