Sabtu 31 Oktober 2020, 20:31 WIB

AP II : Airport 4.0 Menjadi Basis Transformasi Kedepan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
AP II : Airport 4.0 Menjadi Basis Transformasi Kedepan

MI/Ramdani
Papan pengumuman kedatangan di Bandara Soekarno hatta

 

PRESIDEN Direktur PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menuturkan, sejak empat tahun lalu pihaknya memulai transformasi digital dalam pelayanan dan konektivitas penerbangan untuk menuju era 4.0.

“Pada pekan lalu, kami mencanangkan Second Curve Transformation periode 2020 - 2024 untuk memasuki era Airport 4.0," ujar Awaluddin dalam keterangan resminya, Jakarta, Sabtu (31/10).

Second Curve Transformation, kata Awaluddin, sebagai upaya perseroan memasuki era Airport 4.0 yang mengedepankan pengelolaan bandara melalui artificial intelligence (AI), big data analytics, roboting, automation atau penggunaan mesin, dan teknologi virtual reality (VR).

Awaluddin menjelaskan, saat ini pihaknya memanfaatkan teknologi di tengah pandemi dengan menerapkan konsep Biosafety dan Biosecurity Management. Ia menjelaskan, Biosecurity Management guna melindungi publik dari bahaya covid-19, sementara Biosafety Management upaya membuat lingkungan dan infrastruktur tetap sehat, aman dan higienis.

Baca juga : Proyek Pelabuhan Patimban Dipastikan tak Ganggu Aktivitas Nelayan

Implementasi teknologi yang diterapkan di dalam kedua konsep tersebut, lanjut Awaluddin, dengan penggunaan thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh secara masif, penggunaan aplikasi Travelation untuk mengurangi kontak, layanan Video Customer Assistant (VICA) yang menghadirkan asistensi kepada masyarakat melalui virtual, dan penyediaan smart vending machine dengan produk alat pelindung diri (APD

Selain itu, Awaluddin menuturkan, teknologi dan digitalisasi yang digunakan juga membawa bandara-bandara PT Angkasa Pura II mendapat pengakuan global.

Ia menyebut, Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan pintu utama Indonesia pada World’s Top 100 Airports 2020 di dalam Skytrax World Airport Awards 2020 berhasil naik peringkat ke posisi 35, naik dari 2019 di peringakt 40. (OL-7)

Baca Juga

Dok Modernland

Cara Pengembang Kebut Pembangunan di Masa Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 November 2020, 00:15 WIB
Meski dikebut, pembangunan senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara...
Dok. BP tapera

Kerja Sama Pemda dan BP Tapera Terus Didorong

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 24 November 2020, 23:48 WIB
Ia mengatakan, keberadaan BP Tapera bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan, untuk...
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Bisnis Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep Disuntik Rp29 M

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:47 WIB
Mangkokku adalah perusahaan rintisan (startup) kuliner yang didirikan pada 2019 oleh juri Masterchef Indonesia Arnold Poernomo dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya