Jumat 30 Oktober 2020, 14:00 WIB

Dishub DKI Imbau Pesepeda Amankan Barang Berharga

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dishub DKI Imbau Pesepeda Amankan Barang Berharga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pesepeda melintas di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (30/10/2020).

 

AKHIR-akhir ini marak terjadi pembegalan pada para pesepeda yang sedang berkegiatan di Jakarta. Terakhir, anggota Angkatan Laut dibegal saat sedang bersepeda di sebuah jalan protokol.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyarankan agar tidak menjadi sasaran pembegalan, para pesepeda diimbau untuk mengamankan barang berharga. Sebab, dari beberapa peristiwa pembegalan, para pelaku hanya mengincar barang berharga yang mudah dibawa seperti telepon genggam dan dompet.

"Penjambretan ini yang disasar adalah handphone, dompet, tas. Kalau pun membawa barang-barang itu, handphone masukkan ke kantong sehingga tidak terlihat dan tidak ada peluang penjambret. Itu kita minimalisir. Karena kejahatan itu muncul bukan karena niat di pelaku, tetapi karena adanya kesempatan bagi pelaku untuk melakukan kejahatan. Kesempatan ini yang kita tutup, yang bawa hp, masukkan ke kantong," kata Syafrin di Jakarta, Jumat (30/10).

Baca juga: Dishub DKI Koordinasi dengan Polda Terkait Begal Sepeda

Di samping itu, Syafrin tidak menyarankan pesepeda meletakkan barang berharganya di saku yang ada di baju olahraga khusus pesepeda. Pada baju olahraga khusus pesepeda, terdapat kantung berkaret di bagian belakang baju. Menurutnya, meletakkan barang berharga di kantung-kantung di belakang baju tersebut sangat riskan karena mudah dijambret.

Syarin juga menyarankan pesepeda tidak beraktivitas sendirian terutama di malam hari. Malam hari, menurutnya, juga sangat rawan terjadi pembegalan.

"Makanya kami mengimbau kepada para pesepeda untuk tidak melakukan perjalanan sendiri. Pada pagi hari di mana petugas tidak ada kemudian atau pada malam hari hindari melakukan perjalanan sendiri. Lakukan perjalanan secara berkelompok sehingga saling mengawasi," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/M. Irfan

Wagub DKI Imbau Tokoh Agama Jadi Teladan Tes Covid-19

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 24 November 2020, 16:48 WIB
Menurut Ariza, keteladanan dari para tokoh dan pimpinan sangat penting untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di...
Antara/Hafidz Mubarak

Usut Video Syur, Polisi Berpotensi Panggil Gisel Lagi

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 24 November 2020, 16:46 WIB
Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan memanggil sosok pria yang ada dalam video syur tersebut. Saat ini, ahli forensik belum selesai...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Waspadai Penipuan Lowongan Kerja di Transjakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 24 November 2020, 16:29 WIB
Hal ini mengingat maraknya penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan Transjakarta di media sosial belakangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya