Jumat 30 Oktober 2020, 13:02 WIB

Rasa Cemburu Ternyata Mempererat Persahabatan

Galih Agus Saputra | Weekend
Rasa Cemburu Ternyata Mempererat Persahabatan

Unspalash.com/Duy Pham
Ilstrasi: Persahabatan

SEBUAH studi baru dari Arizona State University, Oklahoma State University, dan Hamilton College menemukan, perasaan cemburu rupanya dapat menjadi alat memperkuat persahabatan. Perasaan cemburu berhubungan dengan nilai dalam sebuah pertemanan dan juga motivasi perilaku untuk menjaga satu sama lain.

Hasil studi tersebut pertama kali dipublikasikan secara daring di Journal of Personality and Social Psychology, pada 11 Agustus silam. Psikolog Oklahoma State University, Jaimie Arona Krems mengatakan teman adalah sumber daya penting untuk memberikan dukungan selama konflik, penyangga kesepian, dan bahkan dapat memberikan sumber daya penunjang kehidupan saat dibutuhkan, tak terkecuali dalam situasi pandemi Covid-19.

 "Kami memahami bagaimana kita menjaga persahabatan, dan kami menemukan bahwa perasaan cemburu juga dapat bertindak sebagai alat untuk mempertahankan persahabatan," tuturnya, seperti dilansir dari Sciencedaily, Kamis, (29/10).

Krems menjelaskan tidak semua ancaman terhadap persahabatan menimbulkan kecemburuan. Jika seorang sahabat berpindah tempat, orang biasanya akan merasakan kesedihan dan kemarahan lebih dari sekadar cemburu. Tetapi, ketika pertemanan terancam oleh orang lain atau teman baru, kecemburuan adalah perasaan yang dominan.

Intensitas perasaan cemburu bervariasi berdasarkan seberapa besar kemungkinan ancaman pihak ketiga akan menggantikan seseorang dalam persahabatan. Teman terbaik yang kemudian mendapatkan pacar atau pasangan romantis, juga bisa menimbulkan perasaan cemburu akan tetapi lebih sedikit ketimbang teman tersebut mendapatkan teman baru.

"Ancaman pihak ketiga terhadap pertemanan tidak hanya terkait dengan teman baik yang menghabiskan waktu bersama kita. Masalah apakah orang yang akan menghabiskan waktu bersamanya itu dapat menggantikan kita sebagai teman, kami menemukan orang merasa kurang cemburu," imbuh Psikolog dari Arizona State University, Douglas Kenrick.

Tidak semua perilaku menjaga teman berfokus pada upaya mengatur sahabat. Kecemburuan membuat orang berkomitmen untuk menjadi teman yang lebih baik.

"Cemburu terkadang bisa menjadi sinyal bahwa persahabatan terancam, dan sinyal ini dapat membantu kita bertindak untuk berinvestasi dalam persahabatan yang mungkin telah kita abaikan," kata rekan Kenrick, Athena Aktipis. (M-4)

Baca Juga

Dok Jacoweek

Jakarta Coffee Week 2020 Siap Digelar Daring

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 24 November 2020, 23:15 WIB
Diadakan sejak tahun 2016, di tahun ke-limanya kali ini Jacoweek dilakukan secara online...
Dok Lazada

Gandeng Lima Desainer Lazada Meriahkan Jakarta Fashion Week

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:03 WIB
Kelima desainer muda itu 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning...
Instagram Galeri Nasional

Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 19:15 WIB
Pameran berlangsung sampai besok, namun slot tiket mengunjungi pameran telah habis direservasi sejak jauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya